Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Menjadikan Hobi jadi Uang, Salah Satunya Harus Berani Beda!

Kompas.com - 04/03/2024, 17:40 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pernahkah kamu bermimpi untuk menjalankan bisnis yang berawal dari hobi? Memulai usaha dari hobi adalah langkah yang menyenangkan. Bagi banyak orang, memperoleh penghasilan dari sesuatu yang mereka cintai merupakan sebuah impian.

Kamu mempunyai hobi di bidang seni seperti menggambar, menjahit, meronje, melukis, dan lain sebagainya? Hobi tersebut sangat berpotensi untuk menjadi usaha dan menghasilkan cuan.

Baca juga: 4 Ide Usaha dari Hobi Melukis yang Bisa Mendulang Cuan

Sebenarnya hobi di bidang apapun semuanya berpotensi bisa menjadi cuan, tak hanya spesifik pada bidang seni. Jika kamu mahir bahasa asing, maka kamu bisa membuat usaha sebagai translator, dan masih banyak contoh lainnya.

Jane Kurnadi, 51 tahun, seorang pemilik bisnis kerajinan tangan, mengawali usahanya itu hanya dengan menganggapnya sebagai sebuah hobi, yaitu quilting. Dari hobinya itu, Jane sukses membuka usaha yang dinamai Perca. Bahkan usaha tersebut dapat menghasilkan omzet Rp 20-50 juta per bulannya.

Jane membagikan beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk memulai usaha dengan hobi yang kamu punya. Simak tiga tips ini.

1. Cari Ide dari Sekitar

Orang sering mengeluh tentang ide yang susah didapat. Ide gambar, desain, hingga ide bisnis sebenarnya mudah didapat.

Bahkan menurut Jane, ide itu sangat berlimpah hingga ia tak ada waktu untuk mngerjakan semuanya. Jane memberikan tips yaitu untuk melihat ke sekitarnya.

Ide dari alam sangat melimpah. Jane melihat keindahan dari apapun, bisa dari gedung, lampu, tanaman, hewan, dan apapun yang ada di dekat kita.

Tinggal bagaimana kita untuk mengolah ide tersebut menjadi luaran yang baik dan bernilai. Kamu akan merasa senang dan kepuasan jika menghasilkan output yang murni dari ide sendiri.

Baca juga: Bisa Untung Besar, Simak 5 Ide Bisnis Limbah Ini

2. Jangan Takut Memulai

Kalau menyukai sesuatu dan berusaha mengubah itu menjadi sesuatu yang bisa menghasilkan, menurut Jane, kamu merupakan orang yang hebat. Jangan takut dalam memulai suatu langkah yang ingin kamu ambil.

Urusan gagal atau hal lainnya biarkanlah itu menjadi urusan belakang. Yang terpenting adalah kamu harus berani untuk memulainya terlebih dahulu. Jika gagal pun, kamu tidak perlu takut untuk memulainya kembali

3. Berani Berbeda

Kelemahan bisnis di Indonesia adalah tidak adanya hak cipta. Hak cipta sangat penting bagi pelaku usaha yang menghasilkan produk-produk orisinil karyanya.

Dengan tidak adanya hak cipta itu, akan membuat banyaknya usaha satu ke usaha lain meniru usaha atau bahkan produk usaha lainnya. Dengan terlalu mengikuti tren pasar, bisa menurunkan atau bahkan menghilangkan nilai dari suatu usaha atau produknya.

Dapat kita saksikan sendiri, bisnis kopi waktu itu sempat naik, maka semua orang mengikuti dengan membuka bisnis kopi hingga ke produknya. Hal itu akan berdampak buruk, karena pasar atau market akan bosan dan jenuh.

Maka dari itu, Jane memberikan tips dengan buatlah suatu produk atau usaha yang berbeda dengan orang lain. Hal itu akan membuat kamu jadi pelopor dan kamu memiliki keunikan yang tersendiri dengan bisnismu.

Baca juga: Berawal dari Hobi, Arini Sukses Raup Cuan dari Usaha Kain Kreasi

Tertarik membuat hobi kamu menjadi uang? Cobalah tips-tips di atas.

Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com