Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Ide Usaha dari Hobi Melukis yang Bisa Mendulang Cuan

Kompas.com - 04/09/2023, 16:07 WIB
Fransisca Mega Rosa Mustika,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Melukis merupakan salah satu hobi yang mengasyikkan, sebab melukis tak hanya menuangkan ide dan kreativitas menjadi gambar indah, tapi juga mampu membuat orang yang melakukannya merasa tenang.

Nah, bagi kamu yang hobi melukis, kamu juga bisa menghasilkan uang dari hobimu ini loh. Membangun usaha berdasarkan hobi, tentu akan terasa lebih mudah, karena kamu menyukai dan menikmati melakukannya.

Berikut ini beberapa ide usaha yang bisa kamu jalankan dari hobi melukismu, yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Baca juga: 5 Ide Usaha di Halaman Rumah, Salah Satunya Tempat Ngopi

1. Menjual karya seni dalam bentuk merchandise

Melukis tak selalu harus di atas kanvas. Dengan bakat melukis atau menggambar yang kamu miliki, kamu bisa melukis di topi, kaos, payung, atau tote bag untuk merchandise.

Dengan begitu akan lebih memiliki nilai fungsi dan bernilai lebih tinggi.

Penempatan desain yang tepat dalam produk yang dihasilkan sangat penting, agar barang yang dijual menarik minat calon pembeli.

Walau ide usaha ini menjanjikan, kamu tidak boleh lupa melakukan riset pasar untuk mencari tahu potensi ketertarikan pembeli akan karyamu.

Riset ini nantinya berguna untuk jadi penentu merchandise seperti apa yang akan kamu produksi dan kembangkan, agar tetap fungsional dan bernilai tinggi.

2. Pelukis sketsa wajah

Bila kamu memiliki kemampuan melukis sketsa wajah, maka tidak sulit bagi kamu untuk menjadikan ini kegiatan berbisnis.

Kamu bisa mulai dengan menawarkan jasa melukis sketsa wajah pada teman, kerabat, ataupun keluarga.

Tawarkan jasa melukis sketsa wajah ini untuk hadiah sidang, wisuda, ulang tahun, anniversary, kado pernikahan, dan lainnya.

Tampilkan berbagai hasil lukisan sketsa wajah milikmu di media sosial, selain sebagai portofolio, juga untuk mempromosikan usahamu.

Di masa kini, jika kamu dapat melukis dengan media yang terkomputerisasi, kamu bisa menghasilkan lukisan ilustrasi yang banyak digemari. Ini juga bisa meningkatkan peluang sukses bisnis melukis sketsa wajah.

Baca juga: 6 Ide Bisnis Tanpa Modal yang Cocok untuk Mahasiswa

ilustrasi melukisshutterstock ilustrasi melukis

3. Custom painter

Melukis di berbagai media yang diinginkan oleh pelanggan bukanlah hal yang asing. Justru dengan adanya jasa custom painter, dapat menjadikan suatu barang milik pelanggan lebih berarti dan memiliki nilai seni yang tak ada duanya.

Kamu harus bisa mengembangkan keahlian melukis diatas berbagai media, misalnya sepatu, tote bag, kaos, bantal, bahkan di atas tas desainer dunia.

4. Jasa mural dinding

Jika dahulu mural dikenal dengan kegiatan vandalisme yang menyuarakan isu sosial, kini mural dikenal sebagai suatu karya seni yang berfungsi untuk memperindah dinding suatu tempat ataupun mempromosikan suatu tempat.

Jasa pembuatan mural dapat mendatangkan rezeki, karena kian diperhitungkan oleh berbagai pemilik usaha untuk memoles ruang.

Supaya dapat menghasilkan karya yang istimewa dan berkesan, pelajarilah proses teknik menggambar mural secara terperinci. Dan pastikan juga kamu telah mempersiapkan alat-alat yang dibutuhkan untuk membuat mural.

Pilihlah kegiatan melukis yang sesuai dengan gaya aslimu dan sesuai kegemaranmu, supaya dapat menikmati setiap proses kreatifnya.

Baca juga: 5 Ide Usaha Sustainable, Berpeluang Cuan dan Bantu Daur Ulang Sampah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com