Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Mengapa Sebuah Bisnis Harus Memiliki Nama

Kompas.com - 10/05/2024, 10:43 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menemukan nama adalah langkah pertama yang harus dilakukan sebelum memulai bisnis. Apalagi dalam era digital, nama menjadi hal yang sangat krusial, karena akan muncul di manapun, media sosial, kartu nama, bahkan hingga di tokonya.

Mungkin banyak bisnis pada zaman dahulu yang membangun usaha tetapi sekedar saja dan tidak mempunyai nama, misal mereka membuka bisnis pecel lele, tetapi namanya hanya ‘pecel lele’ saja. Padahal banyak sekali bisnis pecel lele serupa di berbagai daerah.

Baca juga: 6 Tips Menentukan Nama Usaha yang Menarik

Dengan keadaan dan zaman saat ini, hal tersebut tidak bisa lagi dilakukan. Nama bisnis merupakan fondasi dari citra merek dan dapat memiliki dampak yang signifikan pada kesuksesan keseluruhan bisnis.

Mengapa penting bagi sebuah bisnis untuk memiliki nama yang kuat dan bermakna? Dilansir dari The Balance Money, berikut adalah beberapa alasan mengapa:

1. Nama Bisnis Akan Terpampang di Semua Platform

Nama bisnis akan ada dimanapun, media sosial, e-commerce, toko fisik, pameran, dan lain sebagainya. Bagaimana orang akan mulai mengenali bisnis Anda jika Anda tidak mempunyai nama dalam bisnis Anda?

Di era yang serba digital ini, bisnis perlu mempunyai nama. Nama yang mudah dikenal akan memberikan nilai plus bagi bisnis Anda.

2. Menghindari Pencurian Merek atau Ide Bisnis

Di era serba digital juga menyebabkan banyaknya dampak negatif bagi dunia bisnis, salah satunya adalah mudahnya pencurian merek atau ide bisnis. Dapat dibuktikan di luar sana banyak bisnis yang mengeluh mereknya dicuri begitu saja, sudah sangat banyak kasus yang terjadi.

Mempunyai nama yang unik akan menghindari bisnis Anda dicuri oleh orang-orang yang berniat jahat di luar sana.

3. Membangun Citra Merek

Nama bisnis adalah bagian penting dari citra merek. Nama yang dipilih dengan baik dapat membantu membangun citra positif dan mengomunikasikan pesan atau nilai tertentu kepada pelanggan.

Baca juga: Cara Memilih Nama Usaha yang Tepat dan Mudah Dikenal

Sebuah nama yang kreatif dan menarik dapat membedakan bisnis Anda dari pesaing dan meningkatkan daya tarik merek Anda. Dengan kata lain nama sebuah bisnis akan membantu Anda mem-branding bisnis Anda.

4. Mempermudah Pertumbuhan

Dengan memiliki nama yang kuat, bisnis dapat lebih mudah berkembang dan melakukan ekspansi ke pasar yang baru. Nama yang sudah dikenal dapat membuka pintu bagi peluang baru dan memudahkan bisnis untuk memperluas jangkauan dan penetrasi pasar.

Setiap Anda ingin membuka cabang baru, bisnis Anda itu akan mudah untuk dikenali. Jadi, konsumen akan dengan mudah memilih untuk pergi ke bisnis Anda.

Selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com