Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usung Ramah Lingkungan, Kawedo Juice Siap Beli Lagi Botol Produknya

Kompas.com - 18/05/2024, 10:00 WIB
Alfiana Rosyidah,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perbincangan soal makanan dan minuman yang sehat sedang ramai di kalangan masyarakat terutama di ranah media sosial. Persoalan ini kemudian bisa memunculkan ide bisnis, apalagi jika merintis di masa-masa pandemi covid-19. 

Seperti yang dilakukan oleh Reni (52). Ia bersama keluarganya merintis bisnis Kawedo Juice, jus kacang hijau dan kacang merah yang diproses higienis. Reni menyebut jus miliknya higienis karena menggunakan botol kaca yang telah disterilisasi.

Saat Kompas.com mengunjungi Reni di Bazaar UMKM Astra x Sarinah pada Kamis (16/5/2024), Reni banyak berbincang-bincang mengenai ciri khas jus kacang hijau miliknya ini.

Baca juga: Begini Cara Penjual Jus di Kota Bogor Raup Omzet Rp 6 Juta Sehari

Menggunakan Serat dan Sari Kacang Hijau

Reni dan keluarga memanfaatkan serat dari kacang hijau tersebut, tetapi tidak tetap disaring dan nyaman untuk diminum. Selain itu, mereka juga tetap menggunakan sari kacang hijau.

"Biasanya kalau minuman kacang hijau itu yang dimanfaatkan sarinya, kalau kami coba ambil dari seratnya. Cuma tetap enggak "gatel" kalau diminum," ucap Reni. 

Awal mulanya, jus kacang hijau ini hanya dikonsumsi oleh keluarga. Namun, pada akhirnya jus kacang hijau buatan Reni dan keluarga disukai oleh kalangan pesepeda. 

Baca juga: Kisah Farhan, Mantan Karyawan Kantoran yang Kini Punya Tiga Outlet Jus

"Awalnya dulu-dulu itu disukai sama kalangan pesepeda. Terus akhirnya coba kamu seriusin bisnis ini," lanjutnya. 

Kawedo Juice pun resmi berdiri di masa pandemi Covid-19. Kemudian pada dua tahun yang lalu, Reni mencoba membuat produk jus baru dari kacang merah. 

Dikukus, Bukan Direbus

Hal lain yang membedakan Kawedo Juice dengan minuman kacang hijau yang lain terletak pada proses pembuatannya. Kacang hijau yang telah diimpor dari Australia tersebut kemudian dimasak menggunakan uap air atau dikukus. 

Baca juga: Hasilkan Jutaan Rupiah dari Usaha Jus Buah Segar, Ini Tips Memulainya

"Setelah dikukus lalu baru diblender dengan menggunakan alat khusus yang tidak panas. Supaya kacang hijaunya tidak rusak nantinya," lanjut ibu dua orang anak tersebut.

Produk jus kacang hijau dan kacang merah Kawedo Juice Kompas.com - Alfiana Rosyidah Produk jus kacang hijau dan kacang merah Kawedo Juice
Proses produksi lalu berlanjut dengan pasteurisasi sampai tidak terlalu mendidih. Kemudian ditambahkan bahan-bahan lain seperti daun pandan dan daun suji. 

"Kalau yang kacang merah enggak pakai daun-daunan, tapi pakai kayu manis. Kami dapatnya dari daerah Sumatera sana," jelasnya.

Baca juga: Karena Pandemi, Bisnis Minuman Herbal Instan milik Yuliana Semakin Berkibar

Jus yang telah dibuat lalu dikemas dalam botol kaca yang sudah disterilisasi. Pengisian dalam botol pun menggunakan alat tertentu, sehingga lebih higienis dan tidak tersentuh tangan langsung. 

Pembeli Bisa Kembali Menjual Botol Kaca 

Rupanya, selain menjual minuman yang kaya antioksidan dan tak berpengawet, Reni juga mengusung konsep ramah lingkungan. Hal ini ia lakukan dengan cara menggunakan kembali botol kaca yang telah dipakai dari pembeli. 

"Orang yang sudah beli produk kami, bisa kembaliin botolnya ke kami. Nanti kami kasih cashback. Sama kayak mereka jual lagi botolnya untuk kami gunakan lagi," ucap Reni.

Baca juga: Kisah Abel Jatayu, Lulusan Ilmu Sejarah yang Kini Berbisnis Minuman Sereal

Dengan demikian, botol kaca yang sudah dibeli tidak nyampah dan bisa menyelamatkan bumi. Reni pun menyebut bahwa langkah ini merupakan cara untuk menyelamatkan lingkungan dan bisa bermanfaat bagi manusia. 

Untuk saat ini, Kawedo Juice membuka stan di bazaar-bazaar seperti di Sarinah dan belum membuka toko dengan lokasi yang tetap. Namun, jika ingin berkunjung, bisa datang ke tempat produksi Kawedo Juice di Cileungsi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com