Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Pemanfaatan Teknologi Digital yang Dilakukan Owner Makacha Bakery

Kompas.com - 18/05/2024, 16:30 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam era digital yang semakin maju, pemanfaatan teknologi merupakan sebuah kunci menjadi bisnis yang sukses, tak terkecuali bisnis kuliner.

Sebagai owner Makacha Bakery, Mira Dharma Susilawaty, juga memanfaatkan berbagai teknologi digital untuk mengoptimalkan operasional bisnisnya.

Apalagi, bisnis bakery miliknya terbilang sudah besar, telah memiliki beberapa cabang dan produknya sudah masuk di beberapa gerai retail.

Jika tak memanfaatkan teknologi untuk mengurus berjalannya Makacha Bakery, tentu akan membuatnya kewalahan, karena akan memakan waktu yang sangat lama.

Baca juga: 4 Teknologi yang digunakan Owner Keytabee untuk Mewujudkan Bisnis Berkelanjutan

Lantas, apa saja pemanfaatan teknologi digital yang dipakai Mira untuk Makacha Bakery? Mira mengungkapnya dalam talkshow Bronis UMKM yang telah tayang di Instagram dan YouTube Kompas.com, Jumat (17/5/2024).

1. Promosi dan Branding

Saat ini semua promosi bisnis dilakukan menggunakan media sosial. Tak ingin ketinggalan, Mira merekrut tim kreatif untuk membuat konten promosi dan branding Makacha Bakery di media sosial.

Mulai dari konten video pendek, kerapian feeds, dan masih banyak lagi.

Menurut media, adanya akun media sosial Makacha Bakery berperan penting bagi orang di luar Pekanbaru, yang suatu saat ingin berkunjung ke Pekanbaru.

Mereka jadi mengetahui, Makacha Bakery merupakan pusat oleh-oleh yang harus dikunjungi jika ingin membawa buah tangan dari Pekanbaru.

Pada intinya, media sosial membantu Makacha Bakery untuk branding.

Baca juga: Cerita Mira Membangun Makacha Bakery, Berawal karena Anaknya Tak Mau Makan Nasi

2. Monitoring dan Evaluasi

Sedangkan untuk monitoring dan evaluasi pekerjaan, tim manajemen Makacha Bakery menggunakan alat-alat teknologi digital seperti Google Drive ataupun I-cloud. Biasanya keduanya digunakan saat rapat.

Jadi saat rapat akan mudah untuk membuat notulensi hasil rapat, yang bisa dibaca semua orang untuk mengevaluasi dan untuk dimonitor oleh Mira.

"Jadi tidak ada alasan bagi karyawan, tidak dapat membaca ataupun mengaksesnya," ujar Mira.

Baca juga: 3 Teknologi Digital yang Bisa Digunakan untuk Naikkan Level Bisnismu

3. Pengelolaan dan Pencatatan Keuangan

Mira juga sangat terbantu oleh aplikasi dan sistem keuangan digital yang ada. Ia tidak perlu repot menghitung keuangan dan membuat laporan keuangannya.

Apalagi, Makacha Bakery sudah IPO (Initial Public Offerring), yakni membuka penawaran saham ke publik di mini bursa. Jadi setiap tiga bulan, harus melaporkan kinerja perusahaannya.

"Bayangkan jika laporan keuangan masih dilakukan secara manual? Bagaimana investor akan memeriksa laporan keuangan Makacha Bakery, jika tak menggunakan teknologi yang serba cepat," ucap Mira.

Menurutnya, dengan bantuan sistem dan aplikasi keuangan, pencatatan dan pengelolaan keuangan akan tepat dan akurat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com