Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Benahi Reputasi Bisnismu? Ini 3 Hal yang Harus Dipantau

Kompas.com - 21/05/2024, 12:00 WIB
Alfiana Rosyidah,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Reputasi bisnis bisa dipengaruhi oleh ulasan pelanggan di platform online, seperti media sosial. Ulasan yang positif tentu akan mampu meningkatkan penjualan. Namun, ada ulasan negatif yang harus kamu waspadai karena dapat mempengaruhi citra bisnis.

Maka dari itu, kamu perlu untuk menjaga reputasi bisnismu. Kamu bisa melakukannya dengan cara menanggapi ulasan negatif dengan bahasa yang baik. Kemudian, kamu juga bisa semakin memperkuat branding bisnismu.

Meski demikian, ada tiga hal lain yang harus kamu pantau dalam memperbaiki reputasi bisnismu. Dengan tiga hal ini kamu akan lebih mudah membenahi reputasimu kembali. Supaya tidak penasaran, mari simak artikel berikut yang telah dilansir dari entrepreneur.com.

Baca juga: 3 Cara Menjaga Reputasi Bisnis di Platform Online

Tingkatkan Engagement Audiens

Kunci untuk memperbaiki reputasimu, salah satunya adalah dengan fokus pada engagement audiens. Engagement berarti jumlah audiens yang telah berinteraksi dengan konten Contohnya seperti engagement di media sosial, seperti Instagram.

Untuk meningkatkan engagement ini, kamu bisa terus melakukan branding. Melalui media sosial, kamu dapat membuat konten-konten yang menarik perhatian audiens dan menciptakan citra positif soal bisnismu.

Setelah itu, kamu bisa memantau engagement dari jumlah akun yang telah berinteraksi dengan konten bisnismu. Jika jumlah engagement berkurang dari biasanya, kemungkinan masih ada yang salah dalam konsep konten atau pemilihan waktu mengunggah konten.

Baca juga: Reputasi Merek Bisnis Rusak karena Sebuah Kesalahan? Atasi dengan Cara Ini

Pantau Ulasan di Platform Online

Kemudian, kamu juga harus memantau perkembangan ulasan pelanggan. Misalnya, kamu bisa memantau review pelanggan di Google Maps. Di sana sudah ada rating dalam skala satu hingga lima bintang yang dicantumkan oleh pelanggan. 

Jika ulasan pelanggan dominan pada lima bintang, maka bisnismu sudah menunjukkan performa yang baik. Namun, jika ada ulasan berupa bintang satu, kamu bisa melihat kritik yang disampaikan konsumen tersebut. 

Setelah melihat kritik tersebut, kamu jangan hanya diam lalu meninggalkan pesan kritik tersebut begitu saja. Coba tanggapi dengan baik dan berusaha menyelesaikan permasalahan yang dialami konsumen tersebut.

Baca juga: 3 Tips Memperoleh Review Positif dari Pelanggan untuk Bisnismu

Cek Reputasi Bisnismu Lewat Pencarian Google

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah mengetahui reputasi bisnismu melalui pencarian Google. Caranya kamu bisa mengetikkan kata kunci bisnismu atau nama merek produkmu. Lalu akan muncul artikel mengenai yang relevan dengan bisnismu. 

Jika ternyata ada laman atau situs yang membicarakan hal negatif mengenai bisnismu, coba kamu lakukan cek ulang pada pemilik situs yang bersangkutan. Proses pengecekan bukan untuk menuntut pemilik situs, tetapi soal valid atau tidaknya informasi yang ditulis. 

Apabila memang demikian yang terjadi di lapangan, maka kamu perlu upaya untuk memperbaiki citra bisnismu kembali. Teruslah meningkatkan kualitas dan melakukan branding semaksimal mungkin. 

Baca juga: 3 Tips Memperoleh Review Positif dari Pelanggan untuk Bisnismu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com