Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Langkah Memulai Kerja Sama dengan Brand Ambassador

Kompas.com - 23/05/2024, 12:00 WIB
Alfiana Rosyidah,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Supaya mendapatkan atensi audiens di dunia maya, kamu juga perlu mempunyai strategi marketing yang ampuh untuk mempengaruhi calon pembeli. Biasanya, brand besar yang telah terkenal namanya menggunakan influencer untuk mempromosikan produk mereka.

Selain influencer, kamu bisa menggunakan brand ambassador sebagai strategi marketing. Namun, tidak selalu seorang artis atau orang yang terkenal untuk menjadi brand ambassador. Pelanggan setia produk pun bisa menjadi brand ambassador.

Sebelum memulai kerja sama dengan brand ambassador, ada langkah-langkah yang harus dilakukan supaya memunculkan hasil yang maksimal. Kamu bisa menyimak artikel berikut yang telah dilansir dari business.com untuk mengetahui lebih lanjut.

Baca juga: Kenali Manfaat Brand Ambassador dalam Bisnis Produk

Tentukan Target yang Ingin Dicapai

Kamu sebagai pemilik bisnis bisa berdiskusi dengan tim marketing terlebih dahulu untuk menentukan tujuan dari penggunaan brand ambassador. Alasannya, tujuan yang berbeda akan menghasilkan cara branding yang berbeda pula.

Jika kamu hanya ingin mengenalkan produkmu pada audiens, brand ambassador perlu untuk menggunakan hashtag pada konten. Setelah itu, kamu mulai bisa melihat dampaknya dari jumlah followers akun media sosialmu dan jumlah akun yang mention produkmu.

Namun, jika kamu fokus pada peningkatan penjualan, maka brand ambassador harus menambahkan link yang langsung mengarah pada e-commerce milikmu. Kamu juga bisa mengarahkan brand ambassador untuk menyebut promo produk yang sedang berlangsung.

Baca juga: Pahami 4 Hal Ini Sebelum Menggunakan Influencer untuk Marketing

Rencanakan Hadiah untuk Apresiasi

Sebagai balasan karena telah mempromosikan produkmu, tentu ada apresiasi yang sepatutnya kamu berikan. Apresiasi ini bisa disebut sebagai hadiah, tetapi tidak harus berupa uang. Ada alternatif lain yang bisa kamu beri pada mereka.

Hal yang bisa kamu lakukan yaitu memberikan diskon khusus untuk produk- produk tertentu. Selain itu, kamu bisa memberikan paket liburan gratis, akses VIP dalam suatu acara, atau produk yang limited edition.

Buat Dokumen Peraturan dan Petunjuk

Untuk mempermudah para brand ambassador, kamu perlu membuat dokumen peraturan dan petunjuk yang wajib ditaati. Termasuk cara branding yang sudah kamu tentukan sebelumnya. Namun, jangan sampai kamu mendikte secara detail pada brand ambassador tersebut.

Baca juga: Mengenal Rate Card sebelum Gaet Influencer Endorsement Produk Bisnis

Kamu cukup memberikan informasi umum tentang hal yang harus dicantumkan. Misalnya hashtag atau link e-commerce. Setelahnya, biarkan para brand ambassador untuk berkreasi sendiri. Beri kebebasan pada mereka untuk menerapkan ide-ide kreatif yang dimiliki.

Selain itu, kamu juga perlu menyampaikan peraturan yang harus ditaati oleh para brand ambassador. Sebutkan hal-hal yang tidak boleh dilakukan. Misalnya dilarang menggiring opini publik yang merugikan brand

Mulai Cari Pelanggan Setia yang Potensial

Setelah menyiapkan ketiga hal tersebut, mulailah untuk mencari pelanggan setia yang potensial menjadi brand ambassador. Supaya kamu bisa menemukan pelanggan setia, kamu bisa melihat dari daftar followers lalu pilih beberapa orang yang sering berinteraksi dengan akun perusahaan.

Baca juga: 5 Kesalahan Strategi Pemasaran Influencer yang Harus Dihindari

Supaya dapat menjangkau banyak audiens, pilih akun dengan jumlah followers yang mencukupi kriteriamu. Kamu juga bisa melihat dari nama brand yang disebut si pemilik akun pada unggahan-unggahan sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com