Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sedang Memilih Franchise? Pastikan Sesuai Preferensi

Kompas.com - 05/06/2024, 15:30 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Bagi Anda yang ingin memulai bisnis, mungkin franchise (waralaba) adalah pilihan yang tepat. Dengan franchise, Anda bisa menjadi bos dan dapat merasakan keuntungan, karena memasarkan produk atau layanan yang sudah terbukti di pasaran.

Franchise ada di hampir setiap industri, sehingga Anda memiliki pilihan yang banyak. Namun mempersempit banyaknya pilihan agar sesuai dan tepat, merupakan sebuah tantangan.

Baca juga: Keuntungan Bergabung dengan Bisnis Franchise, Bisa Jadi Pilihan untuk Pemula

Ada banyak faktor, seperti biaya waralaba dan dukungan perusahaan yang harus Anda pertimbangkan untuk memilih franchise. Tak perlu khawatir, berikut tips untuk memilih franchise yang sesuai preferensi dan kebutuhan Anda;

1. Pastikan Sesuai dengan Tujuan Pribadi Anda

Dalam memulai bisnis, setiap orang mempunyai motivasi dan tujuannya masing-masing. Belum tentu pemilik asli franchise mempunyai tujuan yang serupa dengan Anda dalam berbisnis.

Oleh karena itu, Anda perlu memilih yang tujuannya serupa dengan pribadi Anda. Contohnya, jika Anda memilih franchise sebagai ladang berbisnis dan tujuannya untuk meraup banyak keuntungan, maka Anda perlu mencari franchise yang juga terbukti akan memberikan Anda keuntungan.

2. Memilih Industri Franchise yang Sesuai

Franchise ada di setiap industri, makanan, minuman, pet shop, fesyen, dan masih banyak lagi. Anda harus bertanya kepada diri Anda sendiri, industri apa yang sesuai untuk Anda terjun ke sana.

Jika Anda memilih industri yang tidak Anda sukai, Anda tidak akan menikmati masa-masa dalam berbisnis, meskipun Anda mendapat keuntungan.

Baca juga: 4 Solusi Mengatasi Masalah Saat Menjalankan Usaha Franchise

3. Sesuaikan dengan Anggaran yang Anda Punya

Membeli franchise sama dengan sebuah investasi. Biasanya Anda menerima untung bersih sekitar satu atau dua tahun ke depan.

Sesuaikan dengan anggaran yang Anda miliki untuk memilihnya, termasuk ukuran waralabanya. Perlu diperhatikan bahwa sebuah investasi yang tidak diiringi dengan riset, pengamatan, dan data terkait adalah gambling.

Selamat mencoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com