Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enam Produk UMKM Karawang Lolos Program Potensi Ekspor Jabar

Kompas.com - 25/08/2024, 18:55 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

Sumber Antara


KARAWANG, KOMPAS.com
- Sebanyak enam produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di daerahnya dinyatakan lolos dalam program kurasi UMKM Potensi Ekspor Jawa Barat (Jabar).

Kepala Seksi Pengembangan Penguatan Perlindungan Usaha Mikro Dinas Koperasi dan UMKM Karawang, Leoni Whisnuwardhani, mengatakan bahwa enam produk UMKM yang lolos kurasi potensi ekspor itu merupakan UMKM yang bergerak di sektor makanan.

Keenam produk UMKM itu ialah Cheesetick Telukjambe, Keripik Tempe Jempol, Rempeyek Nok Uus, Kacang Goreng Paprika, Bagelen Turubuk dan Rumput Laut Agar-Agar.

Ia mengatakan, program kurasi tersebut diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Barat.

Pada awalnya Dinas Koperasi dan UMKM Karawang mengirim 20 pelaku UMKM sebagai perwakilan dari Karawang. Namun dari 20 pelaku UMKM itu hanya 10 yang hadir.

Pelaku usaha yang direkomendasikan menjadi peserta program kurasi itu ialah pelaku UMKM yang sudah melengkapi legalitas.

Selanjutnya, dari 10 peserta program kurasi tersebut, yang berhasil lolos hanya enam pelaku UMKM dari Karawang.

"Sekarang ini mereka yang dinyatakan lolos program kurasi sedang mengikuti proses pitching di tingkat Provinsi Jawa Barat," kata Leoni di Karawang, Sabtu (24/8/2024) seperti dilansir dari Antara.

Baca juga: UMKM di Kaltara Dibekali Ilmu Ekspor Produk

Dalam proses pitching atau presentasi ide bisnis kepada pihak-pihak potensial dengan tujuan tertentu itu disampaikan keunggulan, kekuatan, hingga hal-hal detail seperti bahan baku, mitra yang terjaring dan lain sebagainya.

Ia bersyukur karena produk UMKM Karawang ada yang lolos dalam program kurasi tersebut. Nantinya pemasaran produk yang lolos program kurasi bisa mendapatkan pasar secara lebih luas hingga ke luar negeri.

"Kami akan terus berkomitmen untuk mendampingi para pelaku UMKM Karawang hingga mereka bisa menjadi pelaku UMKM yang sukses dan mandiri," lanjut Leoni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau