Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan dan Tips Sukses Berbisnis Dengan Metode White Label

Kompas.com - 29/08/2024, 17:00 WIB
Anagatha Kilan Sashikirana,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ingin berbisnis tapi tidak perlu melewati rangkaian kegiatan produsi sendiri? Kamu bisa menggunakan metode white label. Terlebih lagi untuk bisnis kecil yang ingin segera memasuki pasar tanpa harus memikirkan produksi.

Dalam bisnis, istilah white label diartikan sebagai metode membeli produk dari produsen kemudian memberi merek sendiri terhadap produk tersebut.

White label sangat menguntungkan untuk bisnis kecil, karena menghemat pengeluaran dan bisa langsung fokus pada kegiatan penjualan saja.

Jika kamu tertarik menggunakan metode white label, ada beberapa hal yang perlu kamu pelajari. Meskipun terlihat mudah karena membeli barang jadi dari produsen, tetapi kamu juga perlu cermat dalam memilih mitra dan menjalankan bisnis yang produknya berasal dari white label.

Berikut ini panduan dan tips untuk menggunakan metode white label dalam berbisnis, seperti yang dilansir dari Gramedia.com.

1. Memilih Produsen

Baca juga: Panduan Sukses Berbisnis di Usia Muda, Cocok Untuk Pemula

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah memilih produsen. Perlu diingat, kamu hanya bisa membeli produk yang sudah jadi dari produsen. Dengan kata lain, kamu tidak bisa meminta standarisasi produk sendiri kepada produsen.

Oleh karena itu, pastikan kamu memilih produsen yang produknya memiliki kualitas baik dan minimal mendekati dengan standar produk yang kamu inginkan. Kamu tidak bisa sembarangan menjual produk yang kualitasnya buruk dengan alasan produk itu berasal dari white label.

Memilih produsen tidak hanya menilai dari segi produk yang dihasilkan saja, melainkan perhatikan juga sikap dari produsen tersebut. Bagaimana pun, white label membutuhkan kerja sama dan kesepakatan yang baik antara produsen dan pengecer agar bisa bertahan lama.

Selain itu, tips yang bisa kamu perhatikan adalah pastikan juga keamanan hukum dan legalitas dari produsen.

Usahakan ada kejelasan hukum dan keamanan jika akhirnya produk itu kamu tambahkan merek sendiri. Untuk itu, sebelum menentukan produsen kamu perlu teliti dan banyak mengumpulkan informasi terlebih dahulu.

2. Lakukan Survei

Selain memilih produsen, kamu bisa lakukan survei produk seperti apa yang tinggi peminatnya untuk dipasarkan kembali. Tips yang bisa kamu lakukan ada bukan hanya survei berdasarkan segmentasi pasar, tapi juga lakukan survei hingga ke pesaing yang ada.

Baca juga: Panduan Praktis untuk Memulai Bisnis Tanaman Hias

Saat melakukan survei, cari tahu juga pesaing yang memasarkan produk serupa atau bahkan memasarkan produk yang sama persis karena satu produsen.

Dari hasil survei tersebut kamu bisa menarik banyak kesimpulan, mulai dari produk apa yang diminati pasar, sejauh mana ketatnya persaingan, hingga bagaimana strategi penjualan untuk bisnismu nanti.

3. Membeli Produk

Setelah mengetahui produk apa yang ingin kamu jual, selanjutnya adalah kamu bisa membeli produk dari produsen. Membeli produk white label cenderung lebih murah dibandingkan memproduksi sendiri. Oleh karena itu buatlah kesepakatan terbaik dengan produsen terkait harga produk.

Terlebih lagi kamu tentu membeli produk dalam jumlah yang cukup besar, dan kemungkinan kamu akan membeli supply produk dari produsen yang sama dalam jangka panjang untuk mempertahankan konsistensi bisnis.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau