Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maybank Indonesia Gandeng Batumbu Salurkan Rp 1 Triliun untuk UMKM

Kompas.com - 20/09/2024, 07:00 WIB
Anagatha Kilan Sashikirana,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Bank Maybank Indonesia Tbk menggandeng PT Berdayakan Usaha Indonesia (Batumbu) untuk menyalurkan pembiayaan dana sebesar Rp kepada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sebesar Rp 1 triliun.

Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatanganan oleh Presiden Direktur Maybank Indonesia, Steffano Ridwan dan Presiden Direktur Batumbu, Tan Glant Saputrahadi pada Kamis (19/9/2024).

Maybank melalui Batumbu ingin memperluas cakupan pembiayaan dan mendorong pertumbuhan ekosistem bisnis UMKM.

Baca juga: Jelang Ramadhan, Maybank Salurkan Bansos Rp 527 Juta untuk Pemulung

“Salah satu segmen pembiayaan yang menjadi fokus pengembangan bisnis Maybank Indonesia adalah UMKM yang merupakan sektor penopang perekonomian nasional,” jelas Steffano, Kamis (19/9/2024).

Steffano juga menjelaskan, kerja sama strategis channeling pembiayaan ini merupakan implementasi strategi Maybank Group, M25+, khususnya penguatan kinerja pembiayaan Bank pada program strategis (SP7) melibatkan digitalisasi layanan keuangan yang mudah diakses nasabah sektor UMKM.

Untuk meningkatkan penetrasi pembiayaan selain melalui jaringan Maybank Indonesia, perlu diperkuat melalui jalinan kerja sama dengan perusahaan fintech lending yang memiliki jaringan ekosistem luas seperti Batumbu.

Baca juga: Maybank Indonesia Libatkan Nasabah UMKM dalam Maybank Marathon 2023

Batumbu merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang Layanan Pendanaan Berbasis Teknologi Informasi (“LPBBTI”) atau Fintech Lending dan berfokus ke pembiayaan produktif. Batumbu memiliki fokus untuk mengembangkan potensi dan aspirasi UMKM Indonesia melalui sinergi ekosistem yang berkelanjutan.

Dengan adanya visi misi yang sama tersebut antara Maybank dan Batumbu, kerja sama ini diharapkan dapat memberi dampak positif khususnya mendorong pertumbuhan UMKM Indonesia dan kontribusi besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

"Mengapa kami memilih bekerja sama dengan fintech Batumbu, karena kami lihat Batumbu ini sesuai dan memiliki visi misi yang sama dengan Maybank. Sama-sama berfokus untuk mengembangkan sektor UMKM. Selain itu, Batumbu ini sudah seperti saudara untuk Maybank," ungkap Steffano.

Sementara itu Presiden Direktur Batumbu, Tan Glant Saputrahadi mengatakan kemitraan dengan Maybank Indonesia ini menambah kemampuan Batumbu untuk mendukung layanan keuangan digital sekaligus memberikan kemudahan akses kepada pelaku usaha sektor UMKM.

Baca juga: Maybank Siapkan Rp 3,3 Triliun untuk Dukung Program Sustainability di Indonesia

“Visi kami adalah melakukan pembiayaan yang signifikan untuk UMKM sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi dan pembangunan berkelanjutan di kawasan Indonesia,” ujar Glant.

Lebih lanjut Steffano menjelaskan, Maybank Indonesia pada tahun 2024 menargetkan pertumbuhan pembiayaan UMKM serta pengembangan pembiayaan digital sejalan dengan misi Humanising Financial Service.

Dengan kemitraan bersama Batumbu, Maybank Indonesia menargetkan perluasan pasar pembiayaan segmen UMKM, terutama bisnis Financial Supply Chain Management (FSCM) yang terus menunjukkan pertumbuhan pesat belakangan ini.

“Kami juga menyasar para pelaku UMKM yang merupakan distributor dan/atau supplier dengan skema channeling untuk memberikan akses dan solusi finansial kepada UMKM Indonesia,” kata Steffano.

Baca juga: Maybank Kucurkan Pembiayaan Rp1 Triliun untuk UMKM Lewat PNM

Lebih lanjut Steffano menjelaskan, untuk mengawali channeling ini terdapat tiga sektor target UMKM yang menjadi target utama, yaitu 

"Maybank Indonesia bergerak mendorong UMKM di banyak sektor, tetapi khusus untuk kerja sama dengan Batumbuh ini hanya fokus kepada tiga sektor yaitu Farmasi, Food and Beverages, dan Fast Moving Consumer Goods," ungkap Steffano kepada Kompas.com.

Pasalnya, ketiga sektor ini adalah sektor-sektor yang jaringannya paling kuat dibangun oleh Batumbuh melalui distributor-distributor tersebut. Memiliki jaringan yang kuat juga penting terhadap sistem yang memadai untuk pengembangan kedepannya.

Sebagai informasi tambahan, Batumbu selaku platform pembiayaan UMKM digital di Indonesia, telah mencetak laba bersih selama lebih dari 2 tahun, sambil secara konsisten menumbuhkan pencapaian EBITDA di atas sekitar 50 persen dari tahun ke tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau