Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Ambil Franchise? Simak Dulu Tips Ini

Kompas.com - 03/08/2022, 10:00 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi pebisnis pemula, waralaba atau franchise bisa menjadi salah satu pilihan agar bisnis bisa segera berjalan dan uang berputar.

Melalui franchise, pebisnis bisa langsung memulai usaha tanpa perlu repot-repot membangun brand, mencari pasokan bahan baku, hingga produksi. Semua sudah terstandardisasi dan ada mekanisme yang pasti.

Hal ini yang membuat pebisnis pemula banyak yang mengambil franchise agar bisa segera mendapatkan profit. Waralaba sendiri ada banyak ragamnya, mulai dari makanan, minuman, hingga toko ritel.

Baca juga: 4 Hobi yang Bisa Dijadikan Bisnis, Tertarik Coba?

Namun demikian, bagi kamu yang ingin mengambil franchise, ada baiknya memperhatikan berbagai hal agar waralaba yang kamu pilih bisa sesuai dan menguntungkan. Apa saja yang perlu dipertimbangkan? 

1. Tentukan segmen pasar yang diicar

Jika kamu ingin menjalankan usaha waralaba, sesuaikan antara produk dari franchise yang kamu pilih dengan minat masyarakat, baik sisi jenis produk, cita rasa, maupun kemampuan ekonomi.

Misalkan di sekitarmu ada banyak perkampungan, perlu dipertimbangkan kamu mengambil franchise berupa produk makanan dan minuman dengan target kelas menengah ke bawah. Sementara itu, jika di sekitarmu adalah pusat bisnis dan perkantoran, pilihlah franchise untuk segmen menengah ke atas.

2. Sesuaikan dengan modal

Ketika kamu ingin menjalankan bisnis dengan mengambil franchise, perhatikan dulu kekuatan modalmu. Kamu jangan sampai memaksakan diri membuka waralaba yang besar jika modal yang dimiliki terbatas.

Jika kamu memaksakan diri membuka franchise mahal dengan modal yang pas-pasan, hal itu akan membuatmu bisa membuat pengelolaan menjadi tidak rasional.

3. Pilih waralaba yang punya reputasi bagus

Memilih waralaba yang memiliki kredibilitas dan citra yang baik sangatlah penting karena ini berkaitan dengan penerimaan konsumen terhadap produk yang ditawarkan. Semakin baik citra dari sebuah waralaba maka potensi mendapatkan konsumen juga semakin besar.

Meskipun suatu waralaba harganya sangat murah dengan fasilitas yang banyak, tapi kalau citranya jelek, hal itu akan menyulitkan usaha yang kamu jalankan berkembang.

Baca juga: Seniman Pun Ikut Nikmati Geliat Ekonomi Pasca-Pandemi

4. Pilihlah lokasi bisnis yang strategis

Salah satu hal penting dalam sebagian besar bisnis adalah pemilihan lokasi yang strategis untuk bisnis tersebut. Begitu juga dalam bisnis franchise.

Tempat yang strategis akan memudahkan konsumen menjangkau bisnismu.Terkait hal ini, cari lokasi yang tepat, di antaranya adalah di pusat-pusat keramaian seperti pasar, dekat gedung-gedung perkantoran dan pusat perbelanjaan, dekat kampus, dan tempat-tempat lainnya yang sekiranya dikunjungi banyak orang.

Jika kamu berhasil memilih tempat yang strategis untuk bisnis Anda ini, kemungkinan kesuksesan usaha franchise yang Anda jalankan akan semakin besar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com