Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemendag Sambut Baik Lembaga COSMOS untuk Membantu UKM Naik Kelas

Kompas.com - 16/12/2022, 14:15 WIB
Gabriela Angelica,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perdagangan melakukan kolaborasi dan mendukung peluncuran lembaga think tank independen Center for SME Movements (COSMOS).

Acara peluncuran diadakan di Museum Nasional Indonesia pada Kamis, 15 Desember 2022.

Tujuan pendirian COSMOS adalah untuk mengangkat daya saing usaha kecil dan menengah (UKM) Indonesia di tingkat nasional dan global.

Baca juga: BRI Terus Dukung UMKM Lokal Go Global Lewat Program Exhibition Tahunan

Direktur Perdagangan Melalui Sistem Elektronik dan Perdagangan Jasa Kementerian Perdagangan RI, Rifan Ardianto menyampaikan, bahwa pihaknya mendukung peluncuran COSMOS untuk kepentingan UKM lokal.

“Kementerian Perdagangan akan mendukung dan berkolaborasi dengan COSMOS untuk meningkatkan pertumbuhan pelaku usaha mikro dan kecil Indonesia, memasuki panggung global," ujar Rifan melalui rilisan resmi COSMOS di hari yang sama, Kamis (15/12/2022).

Lembaga COSMOS dimulai dari sebuah keyakinan, bahwa UKM merupakan bagian penting dari kekuatan ekonomi Indonesia.

Melalui COSMOS, diharapkan adanya kajian dan penelitian untuk membantu para pihak pembuat kebijakan di tingkat daerah dan nasional, turut meningkatkan pengetahuan dan keterampilan UKM melalui program pendampingan.

Selain itu juga berperan aktif dalam value creation di dalam proses rantai pasok, untuk menghasilkan produk atau jasa yang sesuai dengan pasar.

Executive Director COSMOS, Titah Yudhistira, Ph.D. menjelaskan, lembaga think tank ini dapat membantu UKM naik kelas, lewat informasi seputar dunia usaha yang didistribusikan mereka.

“Dunia usaha memiliki banyak pengetahuan dan pengalaman bisnis yang bisa membantu UKM naik kelas, dan tujuan COSMOS adalah membantu mendistribusikan informasi ini kepada semua pihak untuk meratakan kesempatan bisnis," tutur Titah melalui sumber yang sama.

Baca juga: Menteri Teten Sebut Evolusi UMKM Berperan Penting Menopang Ekonomi Nasional

 

Hal tersebut berdasarkan pengamatannya, yang melihat adanya tantangan aksesibilitas informasi yang dihadapi banyak pelaku UKM dalam negeri untuk bisa mengembangkan bisnisnya.

COSMOS diluncurkan saat dunia diperkirakan menghadapi resesi tahun depan, tapi justru menawarkan banyak peluang bagi pelaku UKM.

Dari program ini, ada peluang bagi Indonesia untuk menjadi lebih mandiri dengan investasi yang tepat dan berbagai Peraturan Pemerintah yang lebih mendukung UKM.

Kesempatan untuk bergabung dan berbagi informasi serta pengalaman bisnis kepada UKM terbuka bagi semua pelaku bisnis, pemerintah, lembaga swadaya masyarakat (LSM), media, dan pemangku kepentingan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com