Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Faktor Penting yang Mendukung Pemasaran Bisnis Rumahan

Kompas.com - 23/12/2022, 13:03 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Pemasaran atau marketing merupakan salah satu faktor penting dalam usaha untuk mendukung penjualan.

Apalagi, jika Anda baru membangun usaha, strategi pemasaran penting dilakukan untuk memperkenalkan merek dan produk usaha Anda.

Setidaknya ada lima faktor yang mendukung pemasaran dapat berjalan efektif, yakni produk, harga, tempat, promosi, dan tim pendukung.

Baca juga: 5 Langkah Awal Membangun Bisnis Rumahan

Kelima faktor ini akan membantu memahami dan menjangkau sasaran yang tepat, sehingga bisa menghemat waktu dan uang. Berikut penjelasannya.

1. Produk

Tentukan secara spesifik, produk atau layanan apa yang Anda sediakan? Apa atribut fisik produk atau detail layanan yang Anda berikan? Jelaskan fitur produk dan layanan yang Anda miliki dan bagaimana produk Anda akan bermanfaat untuk konsumen.

Penting juga untuk mengidentifikasi, apa yang membuat produk atau layanan Anda berbeda dari apa yang ditawarkan pesaing Anda.

Memahami bagaimana produk Anda dapat menjadi solusi bagi para konsumen, dengan cara yang berbeda dari pesaing Anda, adalah salah satu hal yang sangat penting.

2. Harga

Harga yang ditetapkan untuk sebuah produk atau jasa yang Anda sediakan, harus menutupi pengeluaran dan menghasilkan keuntungan. Tapi, juga harus disesuaikan dengan jumlah yang bersedia dibayarkan oleh konsumen.

Untuk mengetahuinya, cobalah melakukan penelitian untuk mencari tahu berapa harga yang dikenakan oleh pesaing Anda dan tentukan bagaimana Anda akan menyesuaikannya.

3. Tempat

Tentukan tempat di mana produk atau jasa Anda akan dijual? Bagaimana produk Anda didistribusikan? Bagaimana Anda akan membawanya ke pelanggan dan klien Anda?

Apakah Anda akan menjualnya di sebuah toko atau menjual produk secara online di akun media sosial? Atau apakah Anda akan menjualnya di e-commerce?

Kuncinya adalah menjangkau calon pelanggan di tempat yang mereka sukai untuk menghabiskan waktu.

Baca juga: Ketahui 2 Penyebab Bisnis Bangkrut, Salah Satunya Manajemen yang Buruk

4. Promosi

Untuk memperkenalkan merek dan produk Anda, penting untuk melakukan strategi promosi yang tepat.

Untuk melakukan ini, Anda perlu memahami pasar Anda, termasuk di mana calon konsumen dapat ditemukan dan bagaimana Anda dapat menarik minat calon konsumen.

Mempromosikan produk dengan menunjukkan keunggulannya yang dapat menjadi solusi bagi konsumen, bisa menjadi langkah awal yang baik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com