Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Ide Bisnis Bagi Para Pehobi Anime

Kompas.com - 21/02/2023, 07:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Editor

KOMPAS.com - Siapa yang masih punya anggapan kalau menggemari anime adalah kebiasaan yang sia-sia karena membuang banyak waktu?

Jangan salah. Hobi anime bisa jadi bisnis yang menguntungkan jika ditekuni secara serius.

Ya, menjalankan usaha berdasarkan hobi seperti anime akan terasa menyenangkan. Selain itu, Kamu bisa mengetahui seluk-beluk anime dan dituangkan ke dalam usaha.

Lalu, bisnis apa saja yang bisa dilakukan para pehobi anime? Berikut ulasannya seperti dirangkum dari ukmindonesia.id.

1. Jasa Ilustrator dan Grafis

Buat Kamu yang punya kemampuan desain grafis, rasanya bisa mencoba bisnis di bidang anime. Calon pelanggan yang ingin desain-desain anime cukup banyak.

Pekerjaan ilustrator dan grafis menuntut Kamu memiliki kemampuan menggambar dan mampu menggunakan aplikasi digital seperti Adobe Illustrator, Ibis Paint, Artflow, ataupun aplikasi desain digital lainnya.

Saat membuka jasa ilustrator dan grafis, umumnya Kamu akan diminta menggambar karakter anime, desain kartu undangan, desain flyer, atau lainnya. 

Untuk ilustrator pemula, bayaran yang akan didapatkan sebesar Rp250.000-Rp500.000, sedangkan ilustrator profesional tarifnya bisa mencapai Rp5-10 juta ke atas tergantung beban pekerjaan.

2. Cosplayer

Istilah cosplayer tentu tak asing di kalangan penggemar anime. Cosplayer adalah orang yang gemar berdandan dan mengunakan kostum layaknya karakter anime.

Bisnis cosplayer cukup menjanjikan untuk ditekuni dan menghasilkan uang. Cosplayer biasanya dibutuhkan untuk meramaikan suatu event dan menghibur pengunjung.

Jasa cosplayer biasanya akan diundang  untuk hadir dalam suatu event seperti acara ulang tahun, festival, hingga bazaar sambil mengenakan kostum cosplay sesuai tema.

Beberapa cosplayer profesional bahkan bisa mengembangkan bisnis dengan menyewakan kostum kepada cosplayer lain, bahkan menjadi agen penyalur cosplayer profesional. S

Untuk tarif cosplayer, bisa bervariasi antara Rp300.000 hingga Rp3 juta sekali event, tergantung lama dan tugas yang harus dilakukan.

3. Content Blogger

Kesukaan terhadap anime juga bisa diarahkan ke dalam karya tulis maupun video. Kamu bisa menjadi content blogger atau content creator spesialis anime.

Konten yang bisa dibuat mulai dari narasi, opini, analisis, atau informasi event anime. Kamu bisa menceritakan pesan-pesan dengan konten yang ringkas dan menarik kepada audiensnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com