Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Buka Pet Shop? Perhatikan Tips Ini biar Cuan Melimpah

Kompas.com - 25/02/2023, 08:00 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Hewan peliharaan seperti kucing dan anjing tentunya membutuhkan perawatan khusus. Namun, terkadang pemiliknya tidak punya banyak waktu luang untuk melakukannya sendiri.

Kondisi itu pun memunculkan peluang bisnis pet hotel and grooming alias penitipan hewan dan perawatan. Belakangan bisnis tersebut cukup populer. Terlebih di kalangan para pemilik hewan peliharaan yang memang suka merawat hewan kesayangannya dengan detail.

Pet Hotel merupakan istilah sebuah tempat penitipan atau hotel untuk hewan-hewan peliharaan. Tempat ini sangat direkomendasikan untuk para pemilik hewan yang akan berpergian lama.

Misalnya saja ketika sedang berlibur ke luar kota atau luar negeri, melakukan perjalanan bisnis, perjalanan dinas dan sebagainya. Layanan ini tentu akan sangat membantu, terutama saat di rumah tidak ada orang lain yang bisa dipercaya untuk merawat hewan kesayangan.

Hewan peliharaan tersebut akan dirawat oleh para petugas profesional dan dijaga sesuai SOP yang mereka miliki. Jadi, tidak perlu khawatir lagi jika ingin bepergian jauh dalam waktu yang lama. Berbicara dari segi bisnis, peluang usaha pet hotel ini tentunya sangatlah menjanjikan.

Lalu, apa itu pet grooming? Ini merupakan layanan perawatan untuk hewan peliharaan, baik memandikan, pijat, cukur bulu dan lain sebagainya. Biasanya, jasa pet grooming ini menyediakan layanan panggilan ke rumah atau home service.

Pada dasarnya, ruang lingkup layanan yang ditawarkan jasa ini seputar perawatan hewan peliharaan. Terutama untuk hewan peliharaan yang memang memerlukan perawatan khusus dari orang yang terlatih.

Bisnis perawatan dan penginapan khusus untuk hewan peliharaan biasanya tergabung menjadi satu. Karena layanan ini saling berkesinambungan dan berkaitan satu sama lain.

Untuk membangun tempat perawatan dan penitipan hewan peliharaan, ada beberapa hal yang perlu disiapkan. Mulai dari dokter hewan, perawat atau pengasuh hewannya, kandang, tempat bermain, makanan hingga vitamin sesuai kebutuhan.

Meskipun terlihat sederhana, tapi menjalankan bisnis ini tidak semudah yang terlihat. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan persiapkan.

Nah, berikut ini beberapa tips menjalankan bisnis perawatan dan penitipan hewan peliharaan seperti dilansir Cermati.com:

1. Persiapkan Lokasi dan Tempat

Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah lokasi dan tempatnya. Pilih lokasi yang strategis dan mudah dijangkau. Pastikan juga kondisi lingkungannya kondusif, tenang, tidak berisik, dan aman untuk hewan.

Untuk luas bangunannya beragam, bisa Anda sesuaikan dengan lokasi dan budget. Semakin luas semakin bagus karena akan ada lebih banyak ruang dan free space di dalamnya.

2. Pilah Kandang dan Ruang-Ruang Khusus

Ketika membuka jasa penitipan hewan, hal yang wajib dipersiapkan adalah kandangnya. Pisahkah kandang untuk kucing, anjing, dan hewan peliharaan jenis lainnya. Pastikan kandangnya juga nyaman, semi terbuka, dan tentunya bersih.

Selain kandang, jangan lupa untuk menyiapkan ruangan-ruangan yang lain. Seperti ruangan untuk bermain, ruang perawatan, ruang isolasi steril untuk penanganan hewan yang terluka, dan banyak jenis ruangan yang lainnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com