Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudahkan Kegiatan Sosial, Bank Jago Luncurkan Fitur Jago Amal

Kompas.com - 06/04/2023, 10:50 WIB
Rheina Arfiana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.comBank Jago melalui unit usaha Jago Syariah meresmikan fitur Jago Amal sebagai sarana menyalurkan zakat dan sedekah untuk membantu masyarakat meneruskan kebaikan pada Rabu (5/4/2023), di Kantor Bank Jago, Jakarta.

Head of Sharia Business Bank Jago, Waasi B. Sumintardja, mengatakan bahwa melalui penelitian para pengguna Bank Jago dan Jago syariah tahun 2021 dan 2022, kurang lebih konsisten angkanya sebesar 60 persen ingin memiliki fitur untuk melakukan kebaikan.

Waasi menambahkan, ada dua motivasi dalam membayar zakat dan sedekah, yaitu menjalankan perintah agama dan berbuat baik untuk sekitar.

Tapi ternyata walaupun mereka mau berbuat baik, ada tantangan dalam berbuat kebaikan seperti dimana mencari tempat yang amanah dan tempat pembayaran yang mudah.

Baca juga: Shipper Luncurkan AloShop untuk Bantu Kelola Pebisnis E-Commerce

Oleh karena itu, kami coba hadirkan Jago Amal. Ada tiga aspek penting yang dijadikan acuan membangun jago amal, yaitu reputasi organisasi, transparansi penyaluran, dan kemudahan dalam pembayaran.

“Untuk membantu banyak orang menyalurkan zakat melalui organisasi. Laporannya juga transparansi bener nggak disalurkan dan secara rutin melaporkan bagaimana cara penyaluran dana,” kata Waasi.

Selain itu, para nasabah dan calon nasabah tidak perlu khawatir karena Jago Amal bekerja sama dengan tiga lembaga tepercaya untuk penyaluran dana, yaitu Rumah Zakat, BAZNAS, dan Dompet Dhuafa.

Baca juga: Perkuat Layanan Logistik, Astra Group Luncurkan Aplikasi Digital MODA

Laporan penyaluran di update secara reguler dan transparan, bahkan bisa memilih prioritas saat sedekah seperti untuk anak yatim, pendidikan, atau kemanusiaan secara umum. Sehingga, memudahkan ketika bersedekah.

“Dan juga bisa bayar atas nama orang lain, misalkan contoh ibu sudah tidak ada dan sedekah atas nama ibu,” Kata Waasi.

“Alhamdulillah berkat bantuan Pak Rendi, Pak Rizal, Pak Faqih serta teman-teman BAZNAS, Rumah Zakat, dan Dompet Dhuafa sudah mau bekerjasama bisa menciptakan fitur jago amal dan insyaallah bisa membantu orang-orang dalam melakukan pembayaran zakat maupun sedekah,” jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com