Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Meningkatkan Omzet Bisnis Waralaba? Begini Caranya

Kompas.com - 16/05/2023, 15:38 WIB
Rheina Arfiana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

Sumber daya

KOMPAS.com - Ketika melakukan bisnis, tentu memiliki keinginan untuk mendapatkan kenaikan omset yang diinginkan. Hal ini juga dirasakan oleh pelaku bisnis dalam melakukan bisnis franchise.

Untuk meningkatkan omset bisnis franchise terdapat 2 hal yang harus diperhatikan sebagai ketentuan yang kinerjanya dapat dikembangkan, yakni pertama faktor pasar dan harga jual, kedua faktor lokasi.

Dengan memperhatikan dua faktor tersebut bisa mengetahui potensi dari bisnis franchise. Setelah memperhatikan dua faktor ini, berikut cara untuk meningkatkan omset pada bisnis franchise.

Baca juga: 5 Tips Pilih Bisnis Franchise yang Sesuai Modal dan Minat

1. Membuat perencanaan yang baik

Apabila membeli sebuah usaha franchise, maka kamu disebut sebagai franchisee. Sebagai franchisee, nantinya dibantu franchisor atau sebutan orang yang memiliki produk atau merek dari suatu usaha untuk menentukan lokasi yang sesuai untuk tempat outlet-mu.

Akan tetapi, nantinya franchisee harus mengelola sendiri bisnis tersebut. Sehingga, kerja keras kamu sangat memengaruhi omset dari bisnis franchise.

Oleh karena itu, penting untuk membuat perencanaan yang baik supaya dapat memperoleh omset dan penjualan sesuai yang diinginkan.

2. Menjaga kualitas produk dan layanan

Pembeli lebih tertarik dengan produk berkualitas yang diiringi oleh pelayanan yang baik. Sebagai franchisee, mesti dapat menjaga standar kelayakan dari produk yang dijual.

Hindari menurunkan standar produk guna keuntungan sementara karena hal ini bisa memengaruhi kepercayaan pembeli.

Baca juga: 8 Cara Tingkatkan Kualitas Bisnis, Salah Satunya Jangan Lupa Bahagia

Sebaiknya terus memberikan pelayanan yang terbaik pada pembeli dan konsisten menjaga standar produk supaya pembeli tidak merasa kecewa denganmu.

3. Menggunakan media sosial untuk promosi

Selanjutnya tujuan promosi untuk mengenalkan produk kepada target pasar dengan cara inovatif hingga produk yang dijual diketahui dan diminati oleh konsumen.

Promosi memengaruhi pada penjualan produk hingga tidak boleh asal-asalan dan harus melakukannya dengan baik. Semakin inovatif dan menarik promosi yang dilakukan, maka semakin banyak orang yang tertarik dengan produk.

Apabila kamu tetap menjaga kualitas dari layanan dan produk yang dijual, maka dengan promosi di media sosial kemungkinan bisa membuat calon konsumen membeli produkmu dan menawarkannya kembali pada teman-teman mereka.

Baca juga: Cara Promosi Tanpa Bikin Calon Pelanggan Terganggu dan Bosan

Sehingga, buatlah konten-konten yang menarik di media sosial seperti Instagram, Twitter, TikTok dan lainnya.

4. Lebih kreatif dibandingkan pesaing

Cara terakhir, usaha keras harus diimbangi dengan kreativitas terhadap bisnis franchise. Untuk menaikkan minat pembeli, kamu harus mampu membuat layanan atau produk yang kreatif hingga berbeda dengan para pesaing.

Misalnya, membuat layanan pesan antar untuk pembelian tidak ingin mendatangi outlet-mu. Sebagian besar pembeli lebih memilih untuk tetap di rumah sambil menikmati produkmu hingga kamu bisa membuat layanan pesan antar sebagai solusi.

Dengan adanya pesan antar, kamu bisa tetap memperoleh keuntungan dan konsumen bisa tetap menikmati produkmu.

Demikian beberapa cara yang bisa dilakukan oleh franchisee supaya bisa meningkatkan omset pada bisnis franchise.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Sumber daya
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com