Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Meningkatkan Keuntungan Bisnis UMKM hingga Akhir Tahun

Kompas.com - 23/05/2023, 16:03 WIB
Zalafina Safara Nasytha,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Tahun 2023 sudah berjalan hampir satu semester dan akan memasuki semester kedua beberapa minggu lagi.

Momen ini menjadi waktu yang tepat bagi pemilik bisnis, termasuk UMKM untuk melakukan evaluasi, agar performa bisnis semester kedua dapat lebih maksimal.

Setiap pelaku bisnis pasti menginginkan tingkat penjualan yang tidak hanya stabil, tetapi justru meningkat melebihi target yang telah ditentukan.

Baca juga: Tingkatkan Nilai Penjualan, Begini Cara Menerapkan Strategi Up Selling

Melansir dari beberapa sumber, berikut ini tips yang dapat kamu terapkan untuk meningkatkan performa bisnismu hingga akhir tahun 2023 nanti.

1. Manfaatkan momentum spesial yang ada

Dalam satu tahun berjalan, pasti ada momen-momen spesial yang dapat kamu manfaatkan sebagai kesempatan untuk melancarkan strategi pemasaran khusus, seperti contohnya Idul Fitri dan Hari Natal.

Kamu dapat menggenjot penjualan bisnismu dengan memanfaatkan momen-momen tersebut, seperti menghadirkan produk edisi khusus Natal, memberikan paket bundling, dan mengubah packaging produk menyesuaikan dengan momen yang sedang dirayakan.

Hal-hal tersebut dapat lebih menarik minat konsumen untuk berbelanja.

2. Berikan layanan khusus

Memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen pasti menjadi prioritas dari tiap pelaku bisnis, agar konsumen merasa puas dan dapat mendorong mereka untuk kembali lagi melakukan repeat order.

Sebagai tambahan, kamu juga dapat memberikan layanan khusus yang dapat menguntungkan konsumen, misalnya dengan pengiriman gratis untuk wilayah Jabodetabek dengan minimum pembelian tertentu.

Baca juga: Begini Tips Memberikan Pelayanan Pelanggan Terbaik secara Online

3. Maksimalkan penggunaan marketplace online

Saat ini adanya marketplace online membuat banyak orang lebih senang berbelanja secara online, karena tidak perlu repot-repot berkeliling toko atau merasakan macet di jalanan untuk sampai ke toko yang dituju.

Tentunya hal ini menjadi peluang besar yang dapat kamu manfaatkan. Kamu dapat menjual produkmu di berbagai marketplace online yang ada atau memfokuskan satu marketplace online yang menjadi favorit dari konsumenmu.

Kamu juga dapat memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia untuk memaksimalkan penjualan, misalnya dengan melakukan live streaming.

Fitur yang satu ini dapat sangat membantu konsumen ketika akan membeli produkmu, sehingga mereka dapat lebih yakin dan terdorong untuk melakukan pembelian.

Baca juga: 5 Cara agar Bisnis Online Tak Kalah Saing dan Penjualan Meningkat

4. Buat giveaway

Strategi lainnya, kamu dapat membuat sebuah giveaway dengan persyaratan-persyaratan tertentu yang harus dipenuhi, seperti mention tag akun teman atau melakukan repost. Umumnya, giveaway ini banyak dilakukan secara online melalui media sosial.

Adanya giveaway ini dapat menjadi ‘undangan’ bagi audiens baru yang lebih besar untuk berkunjung ke akun bisnis media sosial milikmu. Hal ini dapat meningkatkan kesadaran merek (brand awareness) dan engagement dari akunmu.

Bukan tidak mungkin, audiens baru ini menjadi calon konsumen potensial bagi bisnismu.

Baca juga: 7 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Melakukan Strategi Pemasaran di Media Sosial

5. Jangan lupa flash sale

Siapa yang tidak tahu flash sale? Strategi pemasaran yang satu ini banyak diminati dan diincar orang karena harga produk yang ditawarkan lebih murah.

Jika kamu memiliki keterbatasan dalam memberikan diskon dalam jumlah yang besar bagi konsumen, strategi flash sale ini cocok untuk digunakan karena kamu dapat mengatur diskon untuk produk tertentu dalam periode waktu tertentu saja.

Kamu tidak harus mendiskon semua produk yang dijual dan dapat mengatur berapa lama diskon tersebut berlaku (misalnya 1 jam, 3 jam, atau 24 jam penuh), sehingga tak hanya konsumen yang untung, tetapi kamu juga tetap mendapat keuntungan.

Baca juga: Jangan Sampai Rugi! Ini Tips Penting untuk Menghitung Diskon

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com