Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dengan After Sales Service

Kompas.com - 24/05/2023, 11:30 WIB
Zalafina Safara Nasytha,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.comKepuasan pelanggan termasuk salah satu aspek yang sangat penting bagi keberlangsungan bisnis. Pelanggan yang puas, akan membuat bisnis yang kamu jalankan menjadi semakin laris sehingga bisa berkembang lebih jauh.

Ada berbagai cara yang dapat kamu terapkan untuk memberikan kepuasan maksimal kepada pelanggan, salah satunya dengan melakukan pelayanan terbaik.

After sales service termasuk ke dalam bentuk pelayanan yang dapat diberikan kepada pelanggan. Pelayanan ini dapat kamu berikan setelah pelanggan melakukan transaksi terhadap produk yang kamu tawarkan.

Melansir majoo.id, berikut ini beberapa bentuk after sales service yang dapat kamu terapkan untuk memberikan kepuasan maksimal bagi pelanggan.

Baca juga: 6 Kalimat yang Tidak Boleh Dikatakan pada Pelanggan Saat Menjual Produk

1. Packaging yang rapih

Setelah membeli produk, baik online maupun offline, packaging yang rapih dan aman menjadi salah satu hal yang diharapkan oleh pelanggan. Terutama jika barang tersebut memerlukan pengemasan khusus, seperti barang pecah belah atau barang elektronik.

Mungkin hal ini terlihat sepele, tetapi sebenarnya hal sekecil ini dapat memengaruhi kepuasan dari pelanggan.

Bayangkan jika kamu memberikan packaging yang asal-asalan dan tidak aman sehingga berpotensi merusak produk. Pasti pelanggan akan merasa kecewa dan kurang puas terhadap hal tersebut.

Baca juga: Cara Menghadapi Pelanggan yang Cuma Lihat-Lihat agar Tertarik Beli

2. Pemberian hadiah gratis

Hal ini biasanya banyak dilakukan oleh para pelaku bisnis online, di mana mereka menyelipkan hadiah kecil sederhana di dalam paket yang akan dikirimkan kepada pelanggan.

Biasanya pelanggan akan merasa senang dengan pemberian hadiah gratis seperti ini. Hal ini juga dapat menjadi salah satu pendorong bagi pelanggan untuk melakukan repeat order.

3. Sistem garansi produk

Dengan adanya sistem garansi yang diberikan, pelanggan akan merasa lebih yakin dan aman dalam membeli produk karena jika terjadi sesuatu hal yang tidak sesuai, maka pelanggan dapat kembali dan mendapatkan garansi.

Baca juga: Rahasia Bikin Pelanggan Tertarik dengan Merekmu, Bisa Dicoba!

4. Ucapan terima kasih

Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih dengan muka yang ramah dan tersenyum saat pelanggan selesai melakukan transaksi.

Dengan mengucapkan terima kasih, pelanggan akan merasa bahwa mereka dihargai sehingga pelanggan pun tak segan untuk kembali lagi karena mendapatkan pelayanan yang memuaskan.

5. Hubungi pelanggan kembali

Setelah melakukan transaksi dan produk dibawa pulang oleh pelanggan, kamu dapat kembali menghubunginya dalam kurun waktu beberapa hari untuk menanyakan produk terkait.

Kamu dapat memastikan apakah produk tersebut aman sampai di tangan pelanggan? apakah berfungsi dengan baik? adakah kekurangan atau cacat dari produk tersebut? bagaimana kepuasan mereka terhadap pelayanan dan produk?

Dari sini, kamu juga dapat melakukan evaluasi untuk memperbaiki kekurangan bisnismu dan terus mengembangkannya melalui inovasi-inovasi yang dapat dilakukan.

Baca juga: Ingin Meningkatkan Kepuasan Pelanggan? Simak Cara Berikut Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com