Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Strategi Sukses Menjalankan Bisnis Kecantikan ala Founder SKYN Group

Kompas.com - 20/06/2023, 11:15 WIB
Zalafina Safara Nasytha,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comBisnis kecantikan bisa jadi salah satu pilihan untuk memulai suatu bisnis. Terlebih lagi, mayoritas penduduk di Indonesia merupakan perempuan yang menjadikan bisnis kecantikan memiliki pasar yang amat luas.

Founder SKYN Group, Hartoyo, mengatakan bahwa bisnis kecantikan memiliki peluang yang besar di Indonesia, terutama dalam era digital sekarang ini.

“Bisnis dunia kecantikan itu di Indonesia tiap tahun meningkat ya, terus peningkatannya itu 7% per tahun, jadi sebenarnya bisnis ini sangat menjanjikan sekali,” tutur pria yang akrab disapa Yoyo dalam acara Live Bronis UMKM, Jumat (16/6/2023).

Baca juga: Cerita Hartoyo Mendirikan Skyn Gym, Hadirkan Inovasi Baru Bisnis Kecantikan

Ditambah lagi kehadiran pandemi Covid-19 membuat banyak orang lebih aware untuk merawat diri dan kesehatan.

Yoyo, yang telah menjalankan bisnis kecantikan sejak 2018, mengungkapkan bahwa ada hal penting yang harus diperhatikan di tengah ramainya peluang dan persaingan dalam dunia bisnis kecantikan.

Berikut ini beberapa hal yang dapat kamu pertimbangkan jika ingin menjalankan bisnis kecantikan.

Baca juga: 4 Ide Bisnis Kecantikan yang Bisa Dilakukan dari Rumah

1. Melihat tren sekitar

“Sebenarnya sih awal (memulai) itu dari pengalaman sendiri, dari melihat teman-teman sekitar, dan sahabat. Kayaknya itu memang kecantikan, perawatan diri ini sudah sangat dibutuhkan gitu,” ujar Hartoyo.

Ia juga menambahkan, bahwa ia melihat lingkungan sekitar di mana orang-orang sudah banyak yang aware dalam melakukan perawatan dan menjaga diri, agar penampilannya dapat lebih baik.

Melalui tren tersebut, Yoyo melihat adanya peluang yang dapat ia manfaatkan. Hal ini juga dapat kamu terapkan saat ingin memulai suatu bisnis kecantikan.

Sebagai contoh, kamu dapat melihat banyak orang mulai memerhatikan kecantikan dari dalam atau secara alami, bukan hanya karena menggunakan make up atau kosmetik.

Dari situ, kamu dapat memikirkan sebuah ide bisnis yang dapat menyasar target pasar tersebut, misalnya dengan menjual minuman herbal yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan kulit tetapi dengan menggunakan varian rasa yang tetap nikmat, sehingga lebih menarik konsumen.

Baca juga: Kembangkan Usaha Salon Kecantikan, Simak caranya

2. Tampil dengan sesuatu yang beda

Perlu diingat kembali, bahwa di balik peluangnya yang besar dalam memulai bisnis kecantikan, ada juga tantangan di dalamnya.

“Karena kan sekarang sudah menjamur ya bisnis (kecantikan) ini, jadi tantangannya adalah kita harus bikin karakter dari bisnis klinik (kecantikan) yang mau saya buka, supaya membedakan dengan klinik-klinik yang lain,” jelasnya.

Baca juga: 10 Strategi untuk Melakukan Inovasi Produk

Dengan menghadirkan sesuatu yang baru dan berbeda akan membuat bisnis yang kamu bangun menjadi lebih menonjol dan dilirik oleh masyarakat.

Untuk mengetahui hal ini, kamu dapat melakukan riset terlebih dahulu, supaya lebih memantapkan rencana dalam membuka bisnis kecantikan.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com