Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasilkan Cuan Banyak, Simak 7 Tips Sukses Memulai Bisnis Boneka

Kompas.com - 30/10/2023, 17:00 WIB
Nur Wahyu Pratama,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat ini, bisnis menjual boneka masih menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan. Hal ini karena boneka tak hanya digemari oleh anak-anak, melainkan ada banyak orang dewasa yang menyukai boneka juga.

Boneka memiliki karakter yang lucu, lembut, dan nyaman yang membuat benda satu ini dijadikan sebagai mainan. Bukan hanya itu, boneka juga bisa menjadi benda koleksi dan boneka juga dapat digunakan sebagai kado atau hadiah kepada orang-orang tersayang.

Selain itu, bisnis boneka juga bukan termasuk usaha musiman. Jadi, siapapun dan kapan saja seseorang bisa membeli boneka.

Baca juga: Kiat Sukses Kembangkan Bisnis Perhiasan hingga Bisa Go-International

Dalam menjalankan usaha ini, kamu perlu memperhatikan beberapa kiat sukses berikut ini agar bisnismu berjalan lancar.

1. Tentukan Target Pasar

Sebelum memulai usaha ini, kamu harus terlebih dahulu menentukan target pasar usahamu. Bukan hanya itu, kamu juga perlu untuk memilih ide bisnis yang akan kamu jalankan pada usahamu.

Ada banyak ide bisnis yang dapat kamu pilih, seperti bisnis boneka wisuda, boneka flanel, boneka tangan, boneka cetak, boneka kaus kaki, dan boneka ventriloquist.

Baca juga: 3 Sistem Pembayaran Digital dan Manfaatnya untuk UMKM

2. Siapkan modal usaha

Setelah menentukan ide bisnis dan target pasar. Langkah selanjutnya kamu perlu menyiapkan modal yang akan kamu gunakan.

Dalam memulai usaha ini tidak membutuhkan modal di bawah Rp1 juta. Bukan hanya itu, kamu yang tidak memiliki modal jangan khawatir, kamu bisa memulai usaha ini dengan menjadi reseller terlebih dahulu.

3. Kerja Sama Dengan Pemasok Berkualitas

Kamu bisa menjalin kerja sama dengan pemasok boneka yang berkualitas untuk menghemat modal dan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Baca juga: 7 Cara Mudah Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Bukan hanya itu, kamu juga harus pintar-pintar dan selektif dalam memilih pemasok. Jangan karena harga yang lebih murah kamu mengabaikan kualitas produk yang kamu jual.

4. Adaptasi dengan Tren Pasar

Menjual model boneka dengan karakter pada serial film tertentu banyak diminati, seperti Mickey Mouse, Minions, Hello Kitty, Doraemon, Upin Ipin, dan lainnya.

Meskipun demikian, kamu juga harus menyadari tren apa yang banyak diminati oleh masyarakat, seperti belakangan ini ramai orang membahas karakter Squid Game, kamu bisa memilih boneka tersebut untuk mendapatkan lebih banyak cuan.

Baca juga: 7 Langkah Cerdas Mengelola Stok Bahan Baku dalam Bisnis Kuliner

5. Buat Pengemasan yang Unik

Untuk menambah nilai jual. kamu harus memilih kemasan boneka yang unik dan lucu. Tak hanya unik dan lucu, kamu juga harus memastikan kemasan yang kamu gunakan benar-benar melindungi isi boneka di dalamnya sehingga tidak mudah rusak dan kotor.

Selain itu, kamu juga bisa menghias kemasan agar terlihat semakin cantik. Hal ini karena banyak pelanggan yang membeli boneka untuk dijadikan hadiah ke orang tersayang.

6. Pilih Lokasi Usaha yang Strategi

Memilih lokasi usaha yang strategis disini berarti kamu harus memilih lokasi usaha yang sesuai dengan target pasar usahamu.

Baca juga: Mengenal Fitur Analisis Toko dari Lazada untuk Bantu Genjot Penjualan UMKM

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com