Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Memenangkan Kompetisi di Era Digital? Hindari "Chicken Mindset"

Kompas.com - 09/11/2023, 12:19 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com – Bagi pebisnis, memiliki mimpi usaha berkembang pesat adalah kewajiban. Namun, mimpi saja tak cukup. Hal itu harus direalisasikan.

Salah satu strategi untuk mendorong bisnis berkembang adalah beralih dari cara konvensional ke online. Perubahan ini bukan sekadar pergeseran, tetapi sebuah percepatan dan akselerasi besar dalam dunia bisnis digital.

Digital expert sekaligus CEO & Founder Tribelio.com, Denny Santoso mengungkapkan, pebisnis harus mau mencoba dan tidak terjebak dalam pola pikir yang menghambat.

Baca juga: Cerita di Balik Uniknya Pertehmina, Gerai Es Teh Berkonsep Pom Bensin

 

Ia menyebut sejumlah hal yang harus dimiliki oleh pebisnis. Apa saja itu?

Hindari Chicken Mindset

Chicken mindset adalah pola pikir yang membuatmu tahu apa yang harus dilakukan, namun sering kali terhambat oleh berbagai alasan.

“Untuk mencapai kesuksesan, langkah pertama yang harus diambil adalah memulai tindakan. Seorang pebisnis harus berani mengambil risiko dan tidak takut gagal. Chicken Mindset, yang sering kali menghambat kesuksesan adalah sikap orang yang ingin sukses, tapi lebih banyak mengeluh dan selalu mencari alasan untuk tidak bertindak. Kuncinya adalah hadapi hambatan dan tidak menyerah pada pola pikir yang salah,” kata Denny dalam keterangan resmi Lazada, Rabu (8/11/2023).

Rajin dan konsisten membuat konten

Konsistensi dalam menciptakan konten berkualitas adalah kunci sukses di era New Creator Economy. Penjual online harus konsisten dalam menciptakan konten untuk menarik calon pelanggan, sama seperti toko offline yang harus buka setiap hari.

Baca juga: Tips untuk Mengoptimalkan Repeat Order saat Ekspor

 

Live streaming seperti LazLive adalah salah satu cara efektif untuk mendatangkan traffic ke toko online. Penjual online dapat membagikannya di berbagai platform untuk meningkatkan visibilitas produk mereka.

“Konten yang Anda produksi harus lebih dari sekadar iklan produk dan harga. Anda perlu menciptakan sebuah cerita yang menghubungkan pelanggan dengan produk. Di era New Creator Economy, konsisten dalam pembuatan konten adalah kunci untuk membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan,” tutur Denny.

Boost traffic dengan promosi dan iklan berbayar

Untuk meningkatkan penjualan, Denny menekankan pentingnya menggunakan berbagai strategi promosi.

”Bisnis konvensional mengandalkan traffic dengan membagikan brosur. Bisnis online dapat menjangkau audiens yang lebih luas, dengan menggunakan iklan, e-mail, dan media sosial," jelas dia.

Denny juga menyarankan pebisnis untuk menetapkan target yang lebih tinggi, seperti menjangkau audiens sepuluh kali lipat dari sebelumnya.

“Cobalah berbagai strategi iklan, termasuk konten video, untuk menarik perhatian. Setelah mendapatkan tanggapan positif, Anda dapat meningkatkan visibilitas video dengan fitur ads (iklan berbayar). Jangan ragu untuk menggunakan iklan agar dapat menarik lebih banyak calon pembeli,” sarannya.

Terapkan mindset TOTE (Test - Operate - Test - Exit)

Denny juga menjelaskan tentang pentingnya menerapkan mindset TOTE (Test - Operate - Test - Exit) dengan analogi yang menarik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com