Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tips Peningkatan Daya Saing Bagi UMKM dari PT. Pupuk Indonesia

Kompas.com - 21/11/2023, 20:42 WIB
Nur Wahyu Pratama,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Persaingan yang semakin ketat menjadi salah satu kendala dan tantangan bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Indonesia.

Bukan hanya persaingan dalam negeri, melainkan banyaknya produk luar negeri yang masuk di Indonesia juga menyebabkan produk lokal sulit bersaing.

Lantas apa tips yang diperlukan UMKM untuk meningkatkan daya saing? Simak tujuh tips yang diberikan Henny Eka Mardiyanti sekalu Vice Presiden Pengelolaan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) PT. Pupuk Indonesia (Persero) untuk meningkatkan daya saing UMKM.

Baca juga: Hingga 16 November 2023, PIP Telah Salurkan Pinjaman Modal Usaha Sebanyak Rp34,9 Triliun

1. Adaptif Terhadap Kondisi

Saat ini, pelaku UMKM harus secara cepat bisa adaptasi pada setiap perubahan kondisi yang sering tejadi.

“Seperti pada beberapa tahun lalu saat kita didera pandemi Covid yang memang semua UMKM diminta bisa beradaptasi pada kondisi tersebut,” tutur Henny Eka saat konferensi pers EKSPLORASI Sahabat UMKM di Hotel All Season Thamrin, Jakarta Pusat pada Senin (20/11/2023).

Bukan hanya itu, di era digital ini, pelaku UMKM juga dituntut harus bisa adaptasi pada perkembangan teknologi, baik bidang produksi maupun di bidang pemasaran seperti penggunaan platform online media sosial dan eCommerce.

Baca juga: 4 Rahasia Sukses Bisnis Laundry ala Imron, Owner The King of Majapahit Treatment

2. Memiliki Keunggulan Kompetitif

Henny mengatakan, produk-produk yang dihasilkan pelaku UMKM harus memiliki ciri khas sehingga bisa menjadi produk unggulan yang bisa memberikan nilai tambah yang lebih.

Keunggulan kompetitif yang bisa kamu ciptakan berupa inovasi, kreativitas, dan ide. Dengan begitu, kamu dapat memunulkan usaha-usaha baru yang berbeda dengan pesaing.

3. Inovasi dan Kreativitas

Banyaknya pelaku UMKM mengharuskan kamu memiliki inovasi dan kreativitas yang lebih dibandingkan yang lainnya. Hal ini sebagai pembeda dan menjadi keunikan produkmu.

Baca juga: Bijak Manfaatkan Pinjaman Online, Pelaku UMKM Ini Sukses Kembangkan Bisnisnya

“Tingkatkan terus inovasi dan kreativitas dengan mengikuti pameran yang diadakan nasional maupun internasional. Di sana kita bisa melihat tren di pasar nasional dan internasional. Kita juga bisa lakukan ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi),” ungkap Henny.

4. Manfaatkan Segala Peluang

Sebagai pelaku UMKM kamu juga harus bisa melihat sekecil apapun peluang yang ada di sekitarmu. Kejelian ini bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan daya saing usahamu.

“Kita tidak pernah tau peluang bisa datang kapan saja. jadi manfaatkan setiap peluang yang ada sebaik mungkin,” ucap Henny.

Baca juga: Dukung UMKM Tembus Pasar Global, Komunita Sahabat UMKM Bawa 208 Produk ke Nagoya

5. Mengembangkan Networking

Henny mengatakan, kamu bisa bergabung dengan komunitas untuk memperluas dan mengembangkan networking di dalam usahamu.

6. Aktif Dalam Peningkatan Kapasitas SDM

Sebagai pelaku UMKM, kamu juga jangan pelit-pelit untuk memberikan pelatihan untuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang membantu usahamu.

“Dengan mengikuti serangkaian pelatihan, SDM yang kita miliki bisa meningkat kemampuannya dan juga skillnya,” jelas Henny.

Baca juga: Pemkot Pekalongan Bantu Kurasi Puluhan Produk UMKM agar Tembus Retail Modern

7. Pengembangan Pasar

Sebagai upaya mempeluas pasar usahamu, kamu bisa mengembangkan pasar dengan mengikuti pameran baik skala nasional maupun internasional.

Degan mengikuti pameran akan terbuka peluang yang besar untuk kamu mendapatkan konsumen yang lebih luas dan besar.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com