Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Tips dari Owner Cairo Food untuk Dapat Sertifikasi yang Dibutuhkan

Kompas.com - 05/12/2023, 20:02 WIB
Fransisca Mega Rosa Mustika,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam perjalanan mengembangkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), langkah penting yang dapat mendukung kemajuan usaha adalah memiliki sertifikasi yang sesuai, salah satunya adalah sertifikasi Halal.

Ada langkah-langkah sederhana yang dapat diikuti oleh para pelaku UMKM untuk memperoleh sertifikasi yang diperlukan, khususnya bagi UMKM yang memproduksi barang konsumsi..

Simak 3 tips untuk memperoleh sertifikasi bagi pelaku UMKM yang dibagikan Ahmad Fatih, owner Cairo Food.

1. Memulai dari Tempat Terdekat

Langkah paling awal yang bisa kamu lakukan adalah mengunjungi kantor kecamatan. Di sana, Pusat Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (PPKUKM) dapat memberikan panduan dan informasi mengenai program-program bantuan untuk UMKM.

Kamu bisa memulai dari skala terkecil, seperti bantuan alat atau pelatihan.

Baca juga: 5 Tips Sukses Memulai Bisnis Bumbu Makanan Instan

“Kalau kita coba datang ke kecamatan, kita bisa menanyakan program apa saja yang disediakan untuk membantu UKM. Nggak jarang di setiap daerah memiliki program yang berbeda,” ungkap Ahmad.

2. Jelajahi Program Lembaga

“Cara termudah untuk mengetahui informasi bantuan suatu lembaga bagi UKM bisa dipantau melalui media sosial ataupun dari website mereka. Biasanya akan tercatum di sana,”

Untuk skala yang lebih besar, seperti sertifikasi Halal dari MUI, atau sertifikasi kualitas dari BSN dan BPOM, kamu sebagai pelaku UMKM dapat mengeksplorasi program-program yang dimiliki oleh lembaga-lembaga tersebut.

Hal ini bisa mencakup pelatihan, dukungan peralatan, atau bantuan lainnya. Untuk mendapatkan fasilitas ini, kamu harus memiliki sikap keterbukaan terhadap informasi yang mungkin disalurkan melalui media sosial. Atau, kamu juga bisa langsung menghubungi lembaga-lembaga tersebut.

Baca juga: Bagaimana Membuat Usaha Berkembang dan Naik Kelas? Owner Havilla Tea Bagikan 3 Tips

3. Aktif Mencari Informasi

Ahmad menjelaskan jika peran aktif pelaku UMKM dalam mencari informasi menjadi kunci keberhasilan mendapatkan akses kepada bantuan yang diperlukan.

Kamu dapat menggali pengetahuan melalui pertanyaan langsung, mengikuti media sosial lembaga-lembaga terkait, atau berpartisipasi dalam forum-forum diskusi.

Kadang, informasi penting tersembunyi di balik pertanyaan yang diajukan. Keaktifan dalam mencari dan bertanya dapat membuka pintu peluang yang tak terduga.

“Kita harus aktif mencari informasi. Kecuali, jika kita beruntung kita bisa direkomendasikan oleh lembaga ataupun UMKM lainnya. Tetapi nggak semua bisa direkomendasikan seperti itu,” jelasnya.

Sebagai UMKM, langkah-langkah sederhana ini dapat menjadi pondasi untuk memperoleh sertifikasi yang relevan dengan jenis usaha yang dijalankan.

Baca juga: 7 Tips Peningkatan Daya Saing Bagi UMKM dari PT. Pupuk Indonesia

Aktivitas ini bukan hanya tentang mendapatkan pengakuan formal, tetapi juga membuka pintu akses ke peluang-peluang baru, meningkatkan kepercayaan konsumen, dan memperkuat posisi bisnis di pasar yang kompetitif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com