Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usaha Obat Herbal, Ini Peluang dan Strategi Bisnisnya

Kompas.com - 19/12/2023, 14:00 WIB
Fransisca Mega Rosa Mustika,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menjalankan bisnis obat herbal di masa kini bukanlah hal yang memalukan ataupun ketinggalan zaman. Sebab, justru saat ini banyak diantara masyarakat Indonesia yang ingin menjaga kesehatan tubuh, tetapi tak ingin menimbun zat kimia dari obat farmasi.

Peluang usaha obat herbal di Indonesia terus menunjukkan pertumbuhan yang menjanjikan. Dengan minat masyarakat yang semakin tinggi terhadap produk alami, baik sebagai konsumen maupun sebagai pengusaha, bisnis obat herbal menjadi pilihan yang menarik.

Peluang yang Tersedia

Sebelum kamu memilih untuk menjalankan usaha obat herbal, ada dua peluang yang tersedia untuk menjalankan usaha herbal. Simak penjabarannya berikut ini.

Baca juga: Nabawi Herbal, Toko Herbal Terlengkap dan Orisinal Andalan Keluarga

1. Bisnis Reseller Obat Herbal

Pertama, menjadi reseller obat herbal menawarkan sejumlah keuntungan. Kamu dapat memulai usaha ini dengan modal yang relatif kecil, serta tidak perlu khawatir masalah produksi dan distribusi.

Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan produk yang sudah dikenal di pasaran, sehingga tidak perlu memulai dari nol. Dengan menjual produk yang sudah dikenal, kamu dapat fokus pada pemasaran dan penjualan.

2. Produksi Obat Herbal

Yang ini dilakukan apabila kamu memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam pengolahan bahan alami.

Sesungguhnya, memulai bisnis produksi obat herbal dapat menjadi pilihan yang menarik. Dengan memanfaatkan bahan baku alami yang mudah didapatkan di pasaran, seperti jahe merah, kunyit, temulawak, dan sebagainya, kamu dapat menciptakan produk obat herbal yang berkualitas tinggi.

Baca juga: 4 Tips Membangun Bisnis Special Tea ala Co-Founder Havilla Tea

Selain itu, kamu juga harus bisa mengurus segala ketentuan perizinan usaha dan perizinan pendistribusian obat yang kamu hasilkan dengan mendapatkan sertifikasi.

Beragam sertifikasi yang harus kamu peroleh jangan sampai menjadi hambatan bagi kamu untuk menjalankan usaha ini.

Setelah mengetahui dua peluang menjalankan usaha obat herbal, simak strategi tepat untuk eksekusi usaha obat herbal.

1. Sesuaikan Jenis Obat Herbal

Langkah pertama, kamu harus menentukan jenis obat herbal yang akan kamu pasarkan.

Kamu dapat menyesuaikannya dengan melakukan riset pasar dan lihat jenis obat herbal yang banyak diminati. Dengan begitu kamu bisa memproyeksikan kebutuhan stok obat-obatan herbal jenis lain yang sekiranya dibutuhkan masyarakat.

Baca juga: Kisah Heni Wijiastuti, Raup Cuan dari Hutan Kalimantan jadi Produk Herbal

2. Persiapkan Modal Awal

Tentunya, agar usahamu dapat dijalankan, kamu perlu mempersiapkan modal yang mencukupi untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan tempat usaha, produksi, operasional, promosi, dan pemasaran.

Tak hanya itu, kamu juga harus mempersiapkan modal untuk membeli peralatan dan alat yang diperlukan dalam proses produksi, seperti mesin penepung herba, mesin kemas, dan peralatan pemotongan.

Setelah kamu mempersiapkan modal untuk memulai usaha, kamu harus mempersiapkan strategi untuk memasarkan produkmu secara efektif agar kamu dapat memperoleh keuntungan.

3. Promosikan Produk dan Sertakan Bukti Khasiat

Baca juga: Ketahui Peluang, Keuntungan, dan Tantangan Usaha Jamu Tradisional

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com