Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Universitas Paramadina Gelar Workshop bagi Perempuan Pelaku UMKM

Kompas.com - 16/01/2024, 18:07 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Universitas Paramadina Cikarang menggelar seminar dan workshop bertajuk Empowerment of Womenpreneur towards Excellent Digital Marketing.

Program yang dijalankan oleh Kelas Program Magister Manajemen Semester Gasal 2023 ini berfokus pada upaya meningkatkan keterlibatan dan kapabilitas wanita pengusaha UMKM di era digital.

Baca juga: Survei Ipsos Ungkap Fitur Live Shopping Jadi Metode Penjualan Andalan Pelaku UMKM

Dosen Universitas Paramadina Hardiansyah mengatakan inisiatif ini adalah bagian dari upaya Program Magister Management Universitas Paramadina Cikarang mendukung pemberdayaan perempuan, terutama di sektor UMKM Kabupaten Bekasi.

 

"Acara ini diharapkan memberikan wawasan mendalam mengenai strategi pemasaran digital, branding produk, dan strategi bisnis yang relevan untuk meningkatkan daya saing UMKM," ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (16/1/2024).

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kabupaten Bekasi menyatakan bahwa meskipun produk UMKM Bekasi menonjol dalam kualitas dan kemasan, banyak pelaku usaha terkendala dalam pemasaran, terutama di tingkat nasional dan internasional.

Karena itu, pelaku UMKM di Bekasi perlu tambahan pengetahuan pemasaran digital yang lebih baik.

"Oleh karena itu, program "EMPOWERING WOMEN" diharapkan menjadi solusi yang signifikan dan memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan UMKM di Kabupaten Bekasi," ujarnya.

Baca juga: Disperindag Bengkulu Lakukan Pembinaan pada Seribu Lebih Pelaku Usaha Industri Kecil

Acara yang dilaksanakan di di Universitas Paramadina, District 2 Meikarta Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi pada 13 Januari 2024 lalu menyasar pelaku usaha wanita dan siswi SMK/SMA yang berminat dalam wirausaha mandiri.

Topik-topik yang diajarkan meliputi menetukan segmentasi produk, pengembangan kemampuan tehnik photography dan videography produk UMKM untuk social media dan ecommerce dan pengembangan pemasaran digital, serta diskusi potensi ekspor bagi pelaku UMKM Kabupaten Bekasi.

Hardiansyah menyatakan seminar dan ini merupakan langkah nyata kampus untuk mendorong pertumbuhan dan peningkatan kualitas UMKM, terutama yang dikelola oleh wanita.

Program ini juga merupakan bagian dari perayaan Dies Natalis Paramadina ke-26, menandai komitmen universitas dalam memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan perekonomian Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com