Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Sumber Daya yang Harus Dimiliki Saat Membangun Usaha

Kompas.com - 16/01/2024, 15:47 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Siapa pun bisa membangun bisnis. Namun, untuk membangun bisnis yang sukses dan terus berkembang bukan hal yang mudah.

Untuk itu, setidaknya ada lima sumber daya yang dibutuhkan di awal memulai bisnis. Salah satunya adalah pengetahuan bisnis.

1. Siap Berkomitmen Penuh

Pelaku usaha sukses berkomitmen penuh pada usaha bisnis mereka. Begitu juga dengan Anda, yang harus memiliki kesiapan untuk berkomitmen penuh saat membangun bisnis.

Baca juga: 5 Tips Membangun Usaha Dimsum ala Owner Unie Dimsum

Anda harus mencurahkan hati dan pikiran terhadap apa yang Anda lakukan, benar-benar percaya pada produk atau layanan yang Anda miliki, dan bersiap untuk bekerja berjam-jam menyelesaikan semua tugas yang diperlukan untuk mengembangkan dan mempertahankan bisnis.

Bahkan saat memulai bisnis, Anda harus siap tidak memiliki hari libur dan gaji di beberapa tahun pertama.

2. Disiplin dan bertekad kuat

Selain siap berkomitmen penuh, untuk menciptakan bisnis yang menguntungkan dan berkelanjutan, Anda juga harus menjadi seseorang yang memiliki keinginan kuat untuk sukses, dibarengi dengan semangat, disiplin, dan tekad yang kuat.

Anda tidak hanya harus memiliki ide bisnis, tetapi juga harus mampu mengeksekusinya, bahkan ketika Anda menghadapi masalah.

Pelaku usaha yang sukses adalah mereka yang ulet dan tak menganggap rintangan sebagai penghalang, termasuk saat menerima penolakan.

Selain itu, dibutuhkan juga disiplin dan tekad yang kuat, karena sikap inilah yang memberi para pebisnis sukses bahan bakar untuk menindaklanjuti ide bisnis mereka dan bertahan dalam berbagai kondisi ekonomi.

3. Memiliki Pengetahuan Bisnis

Memiliki pengetahuan bisnis, sebelum Anda memulai bisnis sangatlah penting. Semua dorongan dan tekad yang Anda miliki tak akan membantu, jika Anda tidak memiliki pengetahuan untuk menjalankan bisnis dan tidak melakukan riset, serta merencanakan bisnis dengan tepat.

Banyak orang mencoba memulai bisnis tanpa memiliki pengetahuan bisnis yang mereka butuhkan untuk membuat bisnis mereka sukses, akibatnya bisnis mereka gagal.

Untuk memulai bisnis, Anda harus memiliki pengetahuan tentang berbagai aspek bisnis dan memiliki berbagai keterampilan, atau mempekerjakan orang yang memiliki keterampilan yang tidak Anda miliki.

Misalnya, jika Anda tidak memiliki cukup pengetahuan tentang akuntansi untuk membuat pembukuan sendiri, Anda harus merekrut seorang akuntan.

Atau, jika bisnis Anda berbasis internet dan Anda bukan ahli dalam pengembangan situs web, sebaiknya Anda merekrut untuk mendesain dan mengelola situs web Anda.

Baca juga: 3 Alasan Anda Harus Mulai Membangun Usaha Sendiri

Memaksakan diri mengerjakan semuanya, ketika Anda tidak menguasainya, bisa membuat bisnis Anda berantakan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com