Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PPKUKM DKI Jakarta Ajak UMKM Manfaatkan Fasilitas Studio untuk Belajar hingga Promosikan Produk

Kompas.com - 09/02/2024, 20:22 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta telah meluncurkan studio dan pusat komando (command center) di kantornya Jalan Perintis Kemerdekaan, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Terkait hal tersebut, Dinas PPKUKM DKI Jakarta mempersilakan pelaku UMKM memanfaatkan fasilitas studio yang baru didirikan untuk mempromosikan produknya ke masyarakat.

Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta Elisabeth Ratu Rante Allo mengatakan, studio tersebut merupakan wadah untuk menginformasikan berbagai layanan yang bisa dimanfaatkan masyarakat dan untuk berbagi kisah sukses pelaku usaha yang dapat menginspirasi pelaku usaha lainnya.

Baca juga: Kemenkop UKM Siapkan Dana Rp 10 Miliar untuk Akselerasi Usaha Mikro

“Kehadiran studio dan pusat komando ini, sebagai simbol dari upaya bersama untuk menciptakan ruang yang bermakna dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat, kaitannya di sektor perindustrian, perdagangan, koperasi, dan UMKM,” jelas Ratu di Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Jumat (9/2/2024)

Sementara itu, pusat komando Dinas PPKUKM merupakan wadah untuk menampilkan informasi grafis di sektor perindustrian, perdagangan, koperasi, dan UKM secara tepat waktu, nyata, dan memonitor seluruh aktivitas, melalui dasbor sistem wadah UMKM Jakarta (JakPreneur) atau sistem lainnya.

Pihaknya berharap, dengan adanya data yang akurat, realtime, akuntabel, dan terintegrasi maka akan mudah melakukan analisa sebagai dasar membuat kebijakan pelayanan pada masyarakat yang akurat, menggunakan kebijakan berbasis data besar (big data based policy).

“Studio dan pusat komando ini, menjadi salah satu hal yang menandakan kesiapan Dinas PPKUKM dalam mendukung Jakarta sebagai kota global dengan peringkat yang lebih baik,” kata Ratu lebih lanjut.

Baca juga: KemenKopUkM Bantu Naikkan Omzet UMKM Lewat Entradev 2024, Ini Link Pendaftarannya

Ratu menilai, kehadiran studio ini sebagai awal baru untuk mewujudkan impian dan visi bersama dalam mengoptimalkan layanan kepada masyarakat, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Saya yakin tempat ini akan menjadi tempat yang bermakna dan memberikan dampak positif bagi kita semua. Mari kita bersama-sama memanfaatkan studio dan pusat komando Dinas PPKUKM ini," ajak Ratu.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, memfasilitasi pelatihan teknik digitalisasi bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan peserta dalam strategi pemasaran digital.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com