Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Menjalankan Bisnis Penitipan Kucing ala Owner Cat Villa Bintaro

Kompas.com - 22/03/2024, 14:15 WIB
Alfiana Rosyidah,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang hari libur nasional, biasanya banyak pemilik hewan peliharaan yang akan pergi berlibur dan kebingungan saat harus meninggalkan hewan kesayangannya di rumah.

Mereka membutuhkan tempat penitipan, untuk menjaga hewan peliharaan selama pergi berlibur. 

Acen (35) melihat kebutuhan tersebut sebagai peluang usaha. Namun demikian, pria pemilik Cat Villa di Bintaro ini mengungkap, menjalankan bisnis penitipan kucing tidak bisa sembarangan dan perlu perhatian khusus, agar kucing tetap merasa nyaman. 

Bagi kamu yang tertarik memulai usaha penitipan kucing, Acen membagikan tiga tips menjalankan bisnis penitipan kucing.

Baca juga: 3 Tips Bisnis Parsel Lebaran ala Owner SJ Store

1. Memastikan Kucing dalam Kondisi Sehat

Acen menyebut bahwa dalam menjalankan bisnis penitipan kucing, pemilik kucing yang menitipkan harus lebih paham dan lebih peduli dengan kondisi kucingnya. Tidak serta-merta seluruhnya dilimpahkan ke pihak karyawan penitipan kucing.

Misalnya sebelum menitipkan kucing, pemilik kucing harus memastikan kucingnya dalam kondisi sehat dan tidak sakit, sehingga tidak menularkan penyakit pada kucing lain yang ada di penitipan.

"Jika ada kucing yang sakit, pihak penitipankan  harus menjaga agar kucing lain tidak tertular. Oleh sebab itu, lebih baik kucing dititipkan dalam kondisi sehat," ujar Acen saat ditemui Kompas.com, Kamis (21/3/2024).

Baca juga: 3 Tips Bisnis dari Pemilik Bisnis Keramik, Salah Satunya Jangan Mudah Menyerah

2. Tidak Menggunakan Kandang Besi

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah pemilihan kandang kucing. Menurut Acen, kucing sebaiknya tidak diberi kandang yang berbahan besi. 

"Kalau menjalankan bisnis penitipan kucing itu, jangan dimasukkan ke kandang dari besi. Kan nanti kasihan kucingnya, tidak nyaman," ucap Acen. 

Selain itu, Acen menyebut bahwa kucing yang dititipkan juga harus diajak main dan tidak didiamkan saja, agar kucing tidak stres.

Acen mengungkapp, masih ada penitipan kucing yang hanya mendiamkan kucing-kucing yang dititipkan. 

Baca juga: 3 Cara Merekrut Karyawan Potensial untuk Bisnis Anda

3. Menetapkan Standar Operasional yang Jelas

Penitipan kucing hendaknya memiliki standar operasional (SOP) yang jelas, seperti yang telah diterapkan Acen di Cat Villa.

Ia menetapkan SOP, bahwa setiap kucing yang dititipkan harus dalam kondisi sehat dan tidak boleh sakit. 

Selain itu, pihak penitipan juga bisa membuat SOP terkait jumlah maksimal kucing yang bisa dititipkan. Pertimbangan jumlah maksimal kucing yang dititipkan bisa dilihat dari luas ruang untuk kucing dan ketersediaan fasilitasnya. 

Lebih lanjut, Acen mengatakan bahwa SOP ini diperlukan, sebab ada banyak penitipan kucing yang justru mengembalikan kucing dalam kondisi sakit.

Pihak penitipan kucing harus membuat SOP, agar berguna ketika ada sesuatu yang terjadi di luar perkiraan. 

Baca juga: Manfaat Penting Desain Produk untuk Bisnis Anda

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com