Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mochibo Perkuat Branding Produk Dengan Maskot

Kompas.com - 14/04/2024, 12:00 WIB
Anagatha Kilan Sashikirana,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Maskot tentunya menjadi salah satu branding yang membuat produk lebih mudah diingat masyarakat. Selain menjadi ciri khas dan pembeda dengan brand lain, maskot bisa digunakan untuk banyak hal seperti untuk logo, packaging, merchandise bahkan stiker.

Mochibo adalah salah satu brand oleh-oleh khas Bogor yang terletak di Jalan Bina Marga, Kota Bogor. Selain menonjolkan ciri khas pada produknya yaitu mochi buah pala, Mochibo juga menggunakan maskot sebagai penguat branding.

Diketahui bahwa Mochibo memiliki satu karakter maskot yang bernama Chibo. Karakter ini berupa rusa Bogor, hewan yang sangat terkenal di Kota Hujan tersebut.

Jika kamu berkunjung ke Bogor dan memutari Istana Bogor, kamu akan melihat banyak sekali rusa yang ada di lapangan sekitar istana. Itulah mengapa rusa menjadi salah satu hewan ikonik di Bogor.

Baca juga: Mengintip Perjalanan Bisnis Mochibo, Mochi Isian Buah Pala Oleh-oleh Khas Bogor

Survey Maskot

Founder Mochibo, Ibu Ambar dan anaknya yang kini menjadi Co-Founder Rayina Triningsih (28) mengungkapkan bahwa mereka melakukan survey terlebih dahulu untuk mencari tahu apa ikon yang sangat lekat dengan Bogor, karena mereka menjual produk oleh-oleh.

"Kami survey dulu, kesan pertama yang orang ingat saat mendengar Bogor itu apa? Tugu Kujang kah? Kebun Raya kah? atau Istana Bogor? Nah, setelah itu kami sesuaikan dengan produk kami yaitu mochi yang pembawannya manis dan lebih fun. Akhirnya kami putuskan untuk buat maskot karakter rusa Chibo ini karena lebih masuk," jelas Ambar saat diwawancara Kompas.com, Sabtu (30/3/2024).

Chibo, maskot MochiboDok. Mochibo Chibo, maskot Mochibo
Sebelumnya, Mochibo sudah memakai karakter rusa ini tetapi hanya kepala saja, hingga akhirnya maskot Chibo diperkenalkan kepada publik yaitu pada tanggal 4 Agustus 2019. Maskot Chibo juga dibuat bulat dan gempal karena menyesuaikan dengan produknya yaitu mochi yang bulat dan lucu.

Memakai Baju Pangsi dan Aksesoris Khas Bogor

Selain itu, Mochibo sebagai brand oleh-oleh Bogor tentunya juga membuat maskot yang menggambarkan identitas kota tersebut. Rayina lebih memperkuat branding dengan mengenakan pakaian pangsi untuk maskot Chibo.

Pangsi adalah pakaian tradisonal asal Sunda yang identik dengan Bogor. Biasanya baju pangsi berwarna hitam, tetapi Rayina memberikan sentuhan warna-warni agar lebih menarik dan sesuai dengan mochi yang beraneka rasa.

"Kami pikir lucu ya kalau maskot Chibo ini kami bikin pakai baju pangsi Bogor. Cuma kami pikir coba bikin baju pangsinya lebih berwarna, ada yang hitam dan merah," kata Rayina.

Baca juga: Begini Cara Mudah Membuat Maskot Brand

Chibo maskotMochibo dengan baju pangsiDok. Mochibo Chibo maskotMochibo dengan baju pangsi

Selain itu, Bogor yang sering sekali hujan hingga dikenal sebagai Kota Hujan juga menjadi salah satu ciri khas Bogor. Rayina juga menambahkan bulir air hujan warna-warni di packaging-nya. Oleh karena itu, maskot Chibo juga sering menggunakan payung sebagai aksesoris pendukung.

"Karena Bogor ini Kota Hujan jadi kadang si maskot Chibo ini suka bawa payung, untuk memperkuat branding juga," imbuhnya.

Kegunaan Maskot

Seperti yang sudah diketahui bahwa maskot bisa digunakan untuk banyak hal. Mochibo juga menggunakan maskotnya untuk packaging, logo, branding di media sosial, hingga untuk stiker WhatsApp. Rayina juga mengaku bahwa maskot ini sangat berguna untuk penguatan brand.

"Kalau menurut saya penting sekali maskot ini sebagai penguatan brand. Karena kami bawa maskot ini kemana-mana. Untuk dijadikan standing character untuk bazar, packaging, logo, dan masih banyak lagi," kata Rayina.

Baca juga: Ketahui Manfaat Maskot Brand untuk Promosi Bisnis

Uniknya, untuk stiker WhatsApp Rayina juga memadukan penggunaan Bahasa Sunda yang disesuaikan dengan aktivitas maskot Chibo. Misalnya ketika ada pembeli yang pesan menggunakan WhatsApp, admin Mochibo akan mengirim stiker Chibo dengan tulisan 'hatur nuhun' yang artinya 'terima kasih'.

Stiker Chibo maskot MochiboDok. Mochibo Stiker Chibo maskot Mochibo

Tidak hanya Bahasa Sunda, maskot Chibo juga dibuat dengan bahasa gaul agar lebih akrab dengan anak muda. Seperti saat pesanan akan diantar, admin mengirim stiker WhatsApp Chibo sedang naik mobil dengan tulisan 'OTW'.

Hal ini juga karena Mochibo memiliki target pasar anak muda dan anak kecil. Pasalnya, maskot Chibo dibuat gaul dan menggemaskan agar lebih menarik hati para pembeli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com