Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pahami Strategi Kembangkan Bisnis Ekspor Buah Segar

Kompas.com - 23/04/2024, 15:09 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Sebagai negara tropis, Indonesia memiliki banyak sekali jenis buah-buahan khas dan unik yang menjadi komoditi ekspor. Buah-buahan yang diekspor cukup beragam, mulai dari mangga, salak, manggis, buah naga, durian, nanas dan banyak lagi.

Namun, ada banyak hal yang perlu diperhatikan dan dipahami ketika akan mulai terjun di bisnis ekspor buah segar. Hal ini supaya bisa tetap mengoptimalkan bisnis ekspor buah-buahan segar yang digeluti.

Ingin tahu caranya mengembangkan bisnis ekspor buah dan menghasilkan keuntungan darinya? Dilansir dari Cermati.com, berikut ini beberapa strategi bisnis yang bisa Anda coba gunakan:

1. Melakukan Identifikasi Pasar Secara Cermat

Ketika melakukan persiapkan ekspor, cukup penting untuk melakukan identifikasi pasar potensial secara cermat. Hal ini perlu dilakukan, agar bisnis ekspor yang akan mulai dikembangkan tepat sasaran.

Ada beberapa hal yang perlu diertimbangkan dalam mengidentifikasi pasar eskpor. Mulai dari apa yang dibutuhkan pasar, kemudian preferensi konsumen, hingga regulasi ekspor di negara yang dituju.

Dengan memiliki pemahaman pasar yang detail dan mendalam, ini lebih memudahkan bisnis Anda. Terutama untuk mengarahkan berbagai upaya ke berbagai peluang yang bisa menjanjikan keuntungan lebih menarik.

2. Tingkatkan Keamanan dan Kualitas Produk

Dalam bisnis ekspor buah segar, keamanan dan kualitas produk menjadi salah satu kunci utama. Oleh karena itu, pastikan buah-buahan segar yang akan diekspor dapat memenuhi standar ekspor internasional. Terutama dalam segi rasa, ukuran, dan keutuhan bentuk buah tersebut.

Selain itu, buah segar yang diekspor juga harus memiliki sertifikasi sistem keamanan pangan. Keberadaannya menjadi hal yang cukup penting untuk diperhatikan agar dapat membangun kepercayaan pembeli luar negeri.

Produk yang memiliki kualitas yang tinggi dan bersertifikasi, akan membuat reputasi bisnis meningkat, hasilnya permintaan ekspor pun akan mengalami peningkatan yang signifikan.

3. Lakukan Inovasi Pengemasan

Pengemasan produk juga termasuk faktor penting dalam bisnis ekspor buah-buahan segar. Ketika buah- buahan segar dikemas secara fungsional dan menarik, tentunya akan membuat produk jadi lebih menonjol ketika dipajang di deretan rak pasar mancanegara.

Oleh karena itu, pertimbangkan pengemasan buah-buahan yang mampu menjaga dan mempertahankan kesegarannya. Terutama selama dalam perjalanan ekspor ke negara tujuan dan juga agar lebih mudah diidentifikasi konsumen. Berinovasi dalam materi dan desain kemasan mampu meningkatkan daya tarik produk buah-buahan segar yang diekspor tersebut.

Baca juga : Begini Cara Ekspor Produk Jualan di E-Commerce Biar Bisnis Maju

4. Kembangkan Kemitraan dan Bangun Jaringan Bisnis

Langkah strategis selanjutnya yang perlu dipertimbangkan adalah dengan membangun kemitraan dan juga jaringan. Terutama dengan para pemangku kepentingan dalam supply chain bisnis ekspor.

Saling mendukung antara setiap elemen, mulai dari petani, distributor, hingga lembaga pemerintah menjadi hal penting yang harus dilakukan.

Karena hal ini akan sangat membantu dalam mempermudah proses ekspor buah segar yang dilakukan. Ditambah lagi, bergabung dalam jaringan bisnis internasional bisa memberikan akses yang jauh lebih luas. Tak hanya ke peluang bisnisnya saja, tapi juga berbagai informasi penting lainnya terkait pasar tersebut.

5. Fokus dengan Branding dan Pemasaran Bisnis

Dalam ekspor buah-buahan segar, branding dan pemasaran juga jadi kunci yang sangat penting dalam pengembangan bisnis. Untuk itu, bangun branding yang tegas dan kuat, serta lakukan pemasaran sesuai karakteristik pasar di setiap negara tujuan.

Jangan lupa juga manfaatkan dengan baik platform media sosial yang ada, termasuk situs web, hingga acara bazaar internasional untuk mengenalkan merek Anda.

Dengan membangun branding yang positif, unik dan mengesankan, maka akan membuat produk yang ditawarkan menjadi lebih mudah dikenali dan diminati. Jika sudah demikian, maka menggaet minat pasar internasional bukan lagi hal yang sulit.

Bisnis ekspor buah-buahan asli Indonesia memiliki peluang cukup besar yang harus dimanfaatkan dengan baik. Perlu strategi yang terencana dengan tepat agar bisa memaksimalkan potensi keuntungannya. Beberapa strategi di atas bisa Anda coba terapkan untuk mendukung bisnis ekspor yang dilakukan.

 

Artikel ini merupakan hasil kerja sama antara Kompas.com dengan Cermati.com. Isi artikel menjadi tanggung jawab sepenuhnya Cermati.com

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com