Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berjualan Sejak 1980, Ini Kisah Bisnis Legendaris Es Campur Ko Acia

Kompas.com - 03/05/2024, 11:52 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Banyak bisnis legendaris yang sudah mulai hilang ditelan zaman. Namun ada satu usaha es campur, yang tampaknya tetap melekat di hati para penikmatnya, yaitu Es Campur Ko Acia.

Es campur legendaris itu selalu ramai dikunjungi para pelanggan setianya setiap hari. Bahkan, turis lokal dari luar kota Jakarta pun rela datang jauh-jauh hanya untuk mencicipi Es Campur Ko Acia ini.

Es Campur Ko Acia merupakan es campur spesial yang terdiri dari 12 toping (kolang-kaling, agar-agar atau jelly, selasih, alpukat, lengkeng, dawet, kacang hijau, dan kacang merah). Es campur ini dipasarkan dengan harga Rp 27 ribu.

Baca juga: Kisah di Balik Perjalanan Kupat Tahu Pak Pangat Magelang yang Legendaris

Membuktikan title usahanya yang legendaris dan masih tetap eksis hingga saat ini, Es Campur Ko Acia terjual 400 porsi per harinya saat weekdays, sedangkan saat akhir pekan bisa mencapai 600-700 porsi per hari.

Perjalanan Bisnis Suyanto dari Usia 17 tahun

Sang owner, Nio Nguan Lie, alias Suyanto (70), mengungkap dirinya mulai berjualan es campur ini pada tahun 1980. Saat itu usianya masih terbilang sangat muda, yaitu 17 tahun.

“Waktu itu saya mulai berjualan saat masih berusia 17 tahun. Saya bukanya ketika sudah pulang sekolah,” jelas Suyanto kepada tim Kompas.com di Jakarta (29/04/2024).

Es Campur Ko Acia ini bukan merupakan bisnis Suyanto yang pertama. Dahulu saat ia masih tinggal di Pontianak, Kalimantan, ia pernah mencoba berbagai bisnis, mulai dari nasi campur, pisang goreng, bahkan ia juga pernah menjadi pedangang asongan yang menjual rokok.

Baca juga: Sejarah Tan Ek Tjoan, Roti Legendaris asal Bogor Sejak 1920

12 Toping Es Campur Ko AciaKompas.com - Ester Claudia Pricilia 12 Toping Es Campur Ko Acia

Suyanto juga mengatakan, bahwa ia pernah menjadi karyawan bisnis es campur di Pontianak selama tiga tahun.

“Kurang lebih selama tiga tahun saya menjadi karyawan di sana. Setelah dapat pengalamannya, saya mencoba untuk membuka bisnis es campur sendiri,” ujarnya.

Pertama kali ia mencoba memulai bisnis es campur saat masih di Pontianak. Namun, bisnisnya kurang berkembang dikarenakan omzetnya sangat kecil, akibat harga jualnya yang sangat murah.

Maka pada tahun 1980, ia bermigrasi ke Jakarta dan terciptalah Es Campur Ko Acia yang berlokasi di jalan Dwiwarna Raya, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

“Jualan di Jakarta konsumennya banyak, sangat berbeda dari Pontianak. Penjualan es campur saya sangat meningkat,” kata pria berusia 70 tahun itu.

Baca juga: Cerita di Balik Legendarisnya Kopi Es Tak Kie, Berdiri Sejak Tahun 1927

Terletak di pinggir jalan, dari dulu es campur itu tak pernah pindah lokasi hingga saat ini.

Suyanto memilih lokasi di pinggir jalan, karena memang lokasi itu merupakan lokasi UMKM yang strategis dan selalu ramai warga, bahkan karyawan kantoran.

Omzet Ratusan Juta Perbulan dari Modal 10 Juta

Terjual ratusan porsi per harinya tentu sangat berdampak pada omzet Es Campur Ko Acia. Mereka dapat meraup omzet hingga Rp 100 juta per bulannya.

Es Campur Ko Acia, Sawah Besar, Jakarta PusatKompas.com - Ester Claudia Pricilia Es Campur Ko Acia, Sawah Besar, Jakarta Pusat

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com