Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Sukses Memulai Usaha Toko Peralatan Olahraga

Kompas.com - 09/06/2024, 16:00 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Dari hari ke hari kesadaran masyarakat akan pentingnya tubuh yang sehat mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Banyak yang mulai aware terhadap kesehatannya dengan rutin menggunakan alat-alat olahraga. Seperti treadmill, dumbbell, matras, gym ball, tali skipping dan lain sebagainya.

Dilihat dari segi bisnis, hal ini tentunya membuat peluang pasar alat-alat olahraga semakin terbuka lebar. Sebab, peralatan tersebut bisa membantu masyarakat mendapatkan hasil yang jauh lebih efektif saat berolahraga.

Tertarik untuk mencoba bisnis toko alat-alat olahraga sendiri, tapi masih bingung mulia dari mana? Simak langkah untuk memulai bisnis toko alat-alat olahraga yang dirangkum dari Cermati.com berikut ini.

1. Riset Pasar Alat-alat Olahraga

Sebelum memulai usaha toko alat-alat olahraga, ada baiknya untuk melakukan riset peralatan olahraga terlebih dulu. Langkah ini akan membantu untuk mengetahui apa saja jenis alat olahraga yang sedang tren, banyak peminatnya, sampai dengan harga jualnya di pasaran.

Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah untuk menentukan alat-alat olahraga seperti apa yang cocok untuk dijual di toko.

Selanjutnya, pilih satu jenis alat olahraga sebagai produk utama di toko tersebut. Sisanya bisa dilengkapi dengan berbagai jenis alat olahraga pendukung lainnya, mengingat peralatan olahraga saat ini jenisnya sangat beragam. Tentunya tanpa adanya riset yang mendalam, menentukan alat-alat olahraga untuk dijual akan jadi lebih sulit.

2. Ikuti Perkembangan Tren Saat Ini

Sebagai pelaku bisnis toko alat-alat olahraga, Anda tak boleh melewatkan tren yang booming saat ini. Hal ini penting dilakukan, agar tak ketinggalan dengan informasi terbaru dan tetap mampu bersaing dengan para kompetitor.

Pasalnya, tren terbilang sangat cepat mengalami perubahan sehingga harus selalu dipantau agar tetap update. Salah satu cara untuk memantau perkembangan tren saat ini bisa dilakukan melalui media sosial. Anda bisa mengikuti akun-akun besar dengan niche yang sama untuk mendapatkan update terbaru.

3. Persiapan Modal yang Cukup

Dalam memulai bisnis toko alat-alat olahraga, modal menjadi hal krusial yang wajib dipersiapkan. Pastikan modal yang dimiliki cukup untuk membiayai rencana pembukaan toko peralatan olahraga tersebut. Mulai dari untuk pembelian produk yang ingin dijual, sewa tempat, maupun untuk biaya operasional lain-lain.

Jumlah modal yang perlu disiapkan tergantung dari jenis alat-alat olahraga yang ingin dijual. Semakin mahal harga produk yang akan disiapkan untuk display toko, maka modal yang harus dikeluarkan juga tambah besar, begitu pun sebaliknya.

4. Menentukan Lokasi Toko yang Strategis

Lokasi toko yang strategis berpeluang lebih besar untuk mendongkrak tingkat penjualan produk alat-alat olahraga. Maka dari itu, jangan sampai salah pilih lokasi untuk toko karena akan sangat mempengaruhi performa penjualan toko.

Namun, jika modal yang dimiliki belum cukup untuk menyewa tomo, Anda bisa menggunakan rumah pribadi untuk berjualan. Misalnya, mengubah bagian depan rumah atau garasi agar cocok untuk dijadikan toko alat-alat olahraga.

5. Ciptakan Nama Toko yang Mudah Diingat

Bangun branding bisnis dengan menciptakan nama toko yang unik dan menarik. Hal ini supaya toko Anda mudah diingat oleh pelanggan maupun calon konsumen, sekaligus meningkatkan rasa penasaran.

Dengan begitu peluang pelanggan datang kembali berbelanja di toko pun akan meningkat. Menciptakan nama toko yang menarik, juga termasuk strategi pemasaran yang cukup efektif. Karena bisa membantu meningkatkan branding, sehingga mudah dikenal dan menjangkau lebih banyak pelanggan.

Baca juga: Tips Memulai Bisnis Penyewaan Alat Fitnes

6. Desain Toko Sesuai Tema Olahraga

Toko yang didesain dengan baik tak hanya bikin pelanggan betah tapi juga meningkatkan peluang penjualan. Hal ini karena pelanggan yang datang dibuat nyaman dengan suasana toko. Pasalnya, tak semua orang pergi ke toko untuk belanja.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com