Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI: UMKM yang Gunakan QRIS Lebih Dipercaya Bank untuk Dapat Pinjaman

Kompas.com - 22/02/2022, 14:42 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

Sumber Antara

JAKARTA, KOMPAS.com - Pedagang atau pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di DKI Jakarta yang menggunakan sistem pembayaran digital "Quick Response Code Indonesian Standard" (QRIS) lebih dipercaya untuk mendapatkan pinjaman pembiayaan.

Menurut Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) DKI Jakarta Onny Widjanarko, penerapan pembayaran digital dengan QRIS di gerai UMKM menjadi penting agar lebih eligible atau memenuhi syarat dalam mendapatkan pinjaman dari perbankan maupun lembaga keuangan non perbankan.

"Berdasarkan pengalaman di berbagai negara, pembayaran digital terhadap UMKM dapat meningkatkan eligibilitas UMKM untuk mendapatkan pembiayaan dari bank maupun non bank," kata Onny dalam webinar bertema "Borong Produk UMKM dengan Cara Bayar Kekinian" yang ditayangkan secara virtual, Selasa (22/2/2022).

Baca juga: Pinjaman hingga Rp20 Juta dari PIP untuk Pelaku Ultra Mikro, Ini Syaratnya

Onny menjelaskan, pembayaran digital melalui QRIS dapat mencatat seluruh transaksi penjualan secara akurat sehingga dapat menjadi data pengganti bagi UMKM untuk mendapatkan pembiayaan.

Apalagi fasilitas kredit dan pembiayaan kepada UMKM saat ini tidak hanya mempertimbangkan jaminan agunan, tetapi juga berdasarkan transaksi melalui pembayaran digital.

Selain menjadi metode pembayaran yang lebih cepat, mudah, efisien dan aman, pembayaran digital QRIS dapat meminimalkan risiko penularan virus.

Bahkan, BI DKI Jakarta mencatat pertumbuhan pedagang (merchant) yang menerapkan sistem pembayaran QRIS mencapai 191 persen sejak 2020.

Hingga 31 Januari 2022, tercatat sudah ada 3,2 juta pedagang di DKI Jakarta yang telah menggunakan QRIS atau sebesar 21 persen dari pangsa pasar Nasional.

Baca juga: Vendor Konten Ingin Kebanjiran Proyek di Masa Pandemi? Begini Caranya

Karena itu, BI DKI bersama Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta terus mendorong literasi pembayaran digital dengan QRIS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com