Cara Komunikasikan Target Bisnis ke Karyawan, Bos Wajib Tahu!

Kompas.com - 09/06/2022, 07:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam berbisnis, kesuksesan tak lepas dari kerjasama tim dalam perusahaan. Salah satu kunci kesuksesan dalam berbisnis adalah komunikasi antara pimpinan dan karyawan.

Dilansir dari Forbes.com, mengkomunikasikan kondisi dan target perusahaan kepada karyawan sifatnya vital untuk membangun kepercayaan internal dan pengembangan kinerja mereka.

Dengan membagikan target dalam berbisnis juga mampu meningkatkan dedikasi dan rasa percaya diri karyawan. Dengan begitu, para karyawan merasa punya tujuan yang sama dalam bekerja.

Berikut cara-cara meningkatkan komunikasi dan kerjasama dengan karyawan dalam membangun bisnis seperti dirangkum dari UKMIndonesia.id.

1. Buat rapat secara berkala

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mengumpulkan semua karyawan seminggu atau sebulan sekali untuk rapat. Hal itu adalah cara paling mendasar dalam berkomunikasi dengan karyawan.

Dalam rapat, pihak manajemen bisa menerangkan target-target perusahaan yang ingin dicapai. Informasi tersebut bisa disampaikan melalui presentasi atau modul yang telah disiapkan.

Target perusahaan bisa dipastikan dimengerti oleh karyawan dengan cara mendorong setiap karyawan untuk mengungkapkan pemikiran soal target. Jelaskan secara runut dan sederhana untuk mempermudah karyawan dalam memahami target.

Usahakan jangan membuat target yang realistis. Buatlah langkah-langkah nyata untuk mencapai tujuan tersebut agar para karyawan tak kehilangan arah.

Usahakan tercipta diskusi yang membangun agar tercipta lingkungan perusahaan yang kondusif bagi karyawan untuk mencapai target tersebut.

2. Berikan penjelasan yang spesifik

Dalam rapat, hindari memberi penjelasan soal target dengan terlalu berbelit-belit. Di awal, Pertama-tama, jelaskan dulu garis besar target yang ingin dicapai perusahaan.

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.