Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Strategi Merintis Bisnis Kos-kosan agar Tidak Kalah Saing

Kompas.com - 08/09/2022, 16:29 WIB
Gabriela Angelica,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebutuhan akan tempat kos atau hunian bagi karyawan dan mahasiswa semakin meningkat.

Tentu setiap pendatang membutuhkan tempat tinggal. Peluang inilah yang bisa dimanfaatkan oleh Anda yang ingin memiliki usaha atau bisnis sampingan berupa tempat kos.

Merintis usaha berupa tempat kos yang menguntungkan adalah salah satu ranah usaha properti yang dapat digeluti.

Baca juga: Syarat Mengurus Sertifikat Izin Edar BPOM

Namun, menjalankan bisnis tempat kos tidak bisa dilakukan seadanya dan sembarangan. Ada beberapa strategi yang bisa diikuti agar tempat kos Anda tidak kalah dengan pesaing, di tengah menjamurnya bisnis ini.

Dilansir dari sejumlah sumber, berikut beberapa strategi untuk memulai bisnis tempat kos bagi pemula:

1. Kenali Properti atau Bangunan Anda

Sebelum memulai bisnis kos, kenali dulu apakah properti yang akan dijadikan tempat kos memang cocok dalam hal ukuran lahan dan bangunannya.

Pengukuran tersebut juga harus diselaraskan dengan ukuran standar kamar kos yang akan dibuat. Tujuannya tidak hanya untuk melihat kelayakan bangunan yang dijadikan kos, tapi juga bisa mengetahui jumlah kamar yang dapat dibuat nantinya.

2. Memilih Bangunan yang Tepat

Anda tidak harus memiliki bangunan atau properti terlebih dulu untuk bisa memulai bisnis kos-kosan. Jika modal Anda sesuai, Anda bisa juga membeli bangunan yang sudah jadi untuk dijadikan tempat kos.

Di sini, tugas Anda adalah memeriksa sertifikat kepemilikan properti dan kondisi bangunan yang akan dibeli. 

3. Lokasi yang Strategis dan Ramai

Tentu saja Anda harus memilih lokasi kos yang akan bisa mengundang banyak penghuni. Pilih lokasi strategis dan dekat dengan fasilitas publik, seperti sekolah, universitas, perkantoran, pusat perbelanjaan, dan lainnya.

4. Punya Fasilitas Lengkap dan Konsep yang Unik

Fasilitas lengkap bukan berarti fasilitas di tempat kos Anda harus mewah, tapi perlu memenuhi standar tempat kos yang baik seperti AC, WiFi, CCTV, lahan parkir, dapur, dan sebagainya.

Jika memiliki modal lebih, akan lebih baik untuk memiliki fasilitas tambahan yang unik dan bermanfaat, seperti area olahraga atau ruang TV bersama. Gunanya adalah untuk memberi nilai lebih pada tempat kos Anda.

5. Desain Kamar dan Kebersihannya

Kebersihan jadi aspek penting untuk meningkatkan nilai tempat kos. Sistem kebersihan harus dijaga secara berkala agar penghuni nyaman.

Baca juga: 5 Tips Penting Sebelum Memulai Bisnis Sampingan dengan Modal Pas-Pasan

Tren desain kamar juga semakin beragam. Anda dapat membuat model atau desain kamar mengikuti perkembangan terkini yang disesuaikan dengan jumlah modal yang dimiliki. Hal ini untuk menarik penghuni baru agar mau menjadi penyewa kamar.

6. Kelola Harga Sewa yang Bersaing

Bersaing bukan berarti menurunkan harga dan menghilangkan profit. Lakukan riset tentang harga kompetitor yang ada di wilayah Anda.

Jika tempat kos Anda memiliki banyak kelebihan, jangan ragu untuk memasang harga yang lebih tinggi. Namun, perlu diingat, harga tersebut sudah didasarkan pada riset terhadap target pasar yang dituju.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com