Lewat Kedai Kreatif Susu Kental Manis Frisian Flag, para Ibu dari Depok dan Bogor Kolaborasi Tingkatkan Keahlian

Kompas.com - 26/09/2022, 09:54 WIB

KOMPAS.com - "Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh." Pepatah ini bisa diartikan bahwa bila kita bekerja sama atau berkolaborasi dapat membuahkan hasil lebih baik, dibanding bekerja sendiri.

Pepatah tersebut menjadi salah satu latar belakang lahirnya kelompok ibu-ibu, seperti D’Ketan dari Depok dan Tenda 7 Sprinkles dari Bogor.

Melalui program Kedai Kreatif Susu Kental Manis Frisian Flag: Bersama Majukan UMKM Indonesia, kedua kelompok itu dapat membuktikan bagaimana kerja sama, kolaborasi, kekompakan, dan inovasi, membuat mereka bisa mencapai kemandirian finansial.

Kelompok pertama, D’Ketan terdiri dari para peserta Dapur Ibu Bersama®, yang tinggal di wilayah Kota Depok, Jawa Barat (Jabar).

Untuk diketahui, Dapur Ibu Bersama merupakan bagian dari program Kedai Kreatif Susu Kental Manis Frisian Flag®: Bersama Majukan UMKM Indonesia.

Program tersebut adalah hasil kolaborasi antara PT Frisian Flag Indonesia (FFI) dan Komunitas Ibu Profesional.

Baca juga: Frisian Flag Indonesia dan Shopee Kumpulkan Donasi Rp 1.6 Miliar

Salah satu anggota D’Ketan, Ari Falatika Suheni mengatakan bahwa nama kelompoknya terinspirasi dari lokasi tempat tinggal anggota yang berada di satu kota yang berdekatan.

Nama D’Ketan, sebut dia, juga terinspirasi dari filosofi ketan yang lengket sebagai bahan utama pembuatan salah satu kuliner khas Depok, yaitu dodol.

“Kami ingin kelompok ini tetap lengket, kompak, dan selalu menjaga tali silaturahmi,” kata Ari Falatika dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Senin (26/9/2022).

Ari Falatika mengungkapkan, D’Ketan dikenal sebagai kelompok yang inovatif.

Halaman:

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.