Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah BLP Beauty, Brand Kosmetik Lokal yang Mendunia ke Paris

Kompas.com - 22/10/2022, 07:00 WIB
Putri Sophia,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aktif berkecimpung di dunia kecantikan sebagai make up artist (MUA) pada 2009 lalu membuat Lizzie Parra sadar jika pada saat itu minim sekali apresiasi masyarakat terhadap brand kosmetik lokal.

Tak hanya minim apresiasi, melainkan Lizzie pun memahami bagaimana standar kecantikan di Indonesia menuntut untuk tampil sesempurna mungkin untuk percaya diri.

Dari situlah, ia percaya bahwa make up yang tepat bisa menimbulkan kepercayaan diri. Hingga pada tahun 2016 lalu, Lizzie meluncurkan By Lizzie Parra (BLP) Beauty.

“Aku sadar make up itu membawa peranan penting di hidup aku untuk aku bisa percaya diri, terus aku mulai berpikir wah ini opportunity ya buat orang bisa percaya diri juga,” tutur Lizzie, Founder BLP Beauty dalam kesempatan media gathering bersama Tokopedia, di bilangan Jakarta Selatan.

Founder brand, By Lizzie Parra.Dok. Instagram By Lizzie Parra Founder brand, By Lizzie Parra.

Sebagai brand kosmetik yang baru merintis, BLP memanfaatkan kekuatan dunia digital dan media sosial yang kuat. Hal ini terbukti. Meski brand-nya belum dilirik retailer, BLP berhasil menarik perhatian konsumen hingga situs web penjualannya crash, lho.

Antusiasme masyarakat dengan brand kosmetik yang ‘ramah’ dengan warna kulit lokal ini berhasil membuat Tokopedia akhirnya melirik BLP untuk bekerja sama.

“Pada tahun 2018 kita berkenalan dengan Tokopedia. Dan Tokopedia itu adalah partner bisnis pertama kita yang membuat BLP bisa dikenal sampai ke ujung Indonesia,” sambung Lizzie.

Mengusung produk lip stain yang belum pernah ada di Indonesia saat itu, BLP bersama Tokopedia berhasil menjual habis produknya.

Berhasil Mejeng di Paris Fashion Week

Memasuki tahun 2022 dengan eksistensi BLP yang semakin bersinar, Tokopedia mendorong BLP sebagai brand kosmetik lokal untuk percaya diri ikut Paris Fashion Week (PFW) 2022.

Meski sempat diragukan, Lizzie mengaku proses seleksi untuk masuk PFW 2022 membuahkan hasil positif dari berbagai campaign yang BLP lakukan.

Hingga akhirnya, BLP berhasil lolos jadi satu-satunya brand kosmetik yang mejeng di Paris Fashion Week, awal Oktober 2022 lalu.

“Dari sekian banyak brand yang pameran di situ, kita satu-satunya yang beauty brand, jadi sangat menonjol. Kita ingin menunjukkan ke dunia bahwa Indonesia itu nggak kalah bersaing,” ujar Lizzie.

Brand fashion By Lizzie Parra (BLP) Beauty.Dok. Instagram By Lizzie Parra Brand fashion By Lizzie Parra (BLP) Beauty.

Kehadirannya di Paris Fashion Week membuat tidak sedikit pengunjung yang takjub. Bahkan, beberapa tidak menyangka bahwa BLP merupakan brand yang berasal dari Indonesia.

Dari pengalaman tersebut, Lizzie sadar bahwa brand kosmetik milik Indonesia tak kalah bersaing dengan brand multinasional lain yang namanya sudah besar.

“Indonesia itu nggak kalah bersaing dengan brand-brand multinasional lain, dan kita bisa sejajar dengan mereka,” sambungnya.

Menurutnya, pencapaian ini tidak lepas dari berbagai dukungan termasuk dari Tokopedia dan masyarakat Indonesia.

Hal ini ditunjukkan beberapa tahun terakhir, masyarakat Indonesia sangat mengapresiasi kehadiran brand kosmetik lokal yang berkualitas.

Kini, BLP Beauty telah berkembang menjadi salah satu brand kosmetik ternama. Ditemani ratusan tim di belakangnya yang sama-sama memiliki value, dan saling suportif membangun ekosistem kecantikan Indonesia yang positif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com