Ini Kendala yang Sering Dihadapi Pengusaha ketika Buka Warung

Kompas.com - 24/11/2022, 14:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran warung atau toko kelontong sangat berperan besar dalam memudahkan kehidupan masyarakat. Warung menjadi salah satu jenis usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang memiliki peluang bisnis yang menjanjikan.

Chief Executive Officer (CEO) dan President Director GOTOKO, Gurnoor Dhillon Singh menyampaikan bahwa peranan warung sangat penting untuk masyarakat membeli kebutuhan sehari-hari.

"Warung telah berkembang cukup pesat di Indonesia dan memegang peran yang sangat penting dalam sistem perbelanjaan masyarakat," ujar Gurnoor saat ditemui dalam acara Media Gathering GOTOKO, Selasa (23/11/2022).

Baca juga: Kisah Erna Susilowati, Berawal dari Hutang, Kini Beromzet Lebih dari Rp100 Juta dari Bisnis Roti

Namun, seringkali ada beberapa hambatan yang dialami oleh pelaku usaha warung. Salah satunya mengenai sumber pasokan produk.

Chief Sales Officer GOTOKO, Yenny Nathalia juga menyampaikan bahwa hal tersebut bisa terjadi karena banyak warung yang masih kurang terlayani.

Hal tersebut berkaitan dengan kemudahan warung untuk mendapatkan supply barang, di saat mereka berperan besar dalam memenuhi kebutuhan masyarakat sekitarnya sebagai konsumen.

"Banyak warung yang berperan penting bagi masyarakat sekitarnya, tapi sangat membutuhkan effort untuk bisa memberikan kelengkapan barang di toko mereka," jelas Yenny pada kesempatan yang sama.

Gurnoor menyampaikan, jumlah warung di Indonesia sudah lebih dari 3 juta unit atau setara dengan 80 persen dari nilai pasar Fast Moving Consumer Good (FMCG) di Indonesia. Namun, kenyataannya bisnis warung perlu didukung oleh infrastruktur yang lebih efisien dalam membangun koneksi bersama brand principals.

Hal ini juga harus diiringi dengan kemampuan pelaku usaha dalam memanfaatkan infrastruktur yang tersedia.

Baca juga: Gabung Kemitraan dengan Austindo, Petani Ini Bisa Raup Rp 200 Juta Per Tahun

 

Platform Digital

Gurnoor menyatakan, seorang pelaku usaha warung perlu memiliki keterampilan dalam menemukan solusi, misalnya dengan belajar memanfaatkan teknologi. Era digital ini mengharuskan setiap orang untuk melek teknologi, termasuk pengusaha kecil sekali pun.

Sejumlah platform tersebut menyediakan berbagai layanan, mulai dari pembelian barang dengan praktis, mendapat pilihan barang yang juga beragam, hingga tracking data serta pengiriman produk dengan jadwal yang lebih transparan sehingga dapat membantu menyesuaikan kegiatan operasional warung.

Promosikan UMKM Anda dengan beriklan di jaringan Kompas Gramedia lewat Pasangiklan.com. Konsultasikan strategi iklan bisnis Anda bersama tim sales Pasangiklan.com sekarang.


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.