Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dongkrak UMKM, Pemkot Malang Bakal Adakan Event Hiburan Tiap Bulan

Kompas.com - 25/01/2023, 20:00 WIB
Nugraha Perdana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Pemkot Malang berencana menggelar event hiburan setiap bulannya pada tahun 2023 untuk mendukung produk-produk dari para pelaku Unit Usaha Mikro, Kecil dan Menengah atau UMKM.

Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang, Eko Sri Yuliadi mengatakan, rencana tersebut berkaca pada gelaran event hiburan yakni Preston Fest di Stadion Gajayana, Kota Malang pada 22 Januari 2023.

Dalam kegiatan itu terdapat bazar produk-produk UMKM seperti makanan dan minuman dengan dibalut acara konser musik.

Baca juga: Hayafest 2023 Bantu Mitra UKM Halal Community Pasarkan Produk

Menurutnya, acara itu efektif dan berdampak positif untuk menggaet daya tarik dari ribuan pengunjung ke stan-stan UMKM yang ada. Kegiatan itu juga mampu menghasilkan perputaran uang yang mencapai ratusan juta rupiah.

"Kalau dari UMKM saat acara kemarin perputaran uang sudah tembus Rp200 jutaan. Ada sebanyak 50 UMKM yang ikut memasarkan produknya," kata Eko Sri Yuliadi pada Rabu (25/1/2023).

Eko mengatakan bahwa kolaborasi antara bazar produk UMKM dengan adanya even hiburan seperti konser, dapat mempertemukan secara langsung antara penjual dan pembeli. Sehingga, produk-produk dari para pelaku UMKM cepat terjual.

"Untuk selanjutnya, rencana dari kami akan mengadakan event tiap bulan agar produk UMKM itu bisa terjual, harapannya tentu berdampak positif terhadap kesejahteraan warga Kota Malang ke depannya," katanya.

Di sisi lain, kini Diskopindag Kota Malang telah merangkul setidaknya 80.000 UMKM se Kota Malang. Upaya yang kini dilakukan, yakni melalui program Sahabat UMKM dan pendampingan UMKM.

Baca juga: Komunitas Sanggar Saung Lidi Bina Masyarakat Berkreasi dengan Lidi

"Kita masih mengurasi 19.870 UMKM, itu yang sudah dapat pendampingan dan NIP. Sisanya kita kejar. Lalu melalui sahabat UMKM, kita bisa turun hingga ke yang paling bawah di RT/ RW," katanya.

Walikota Malang, Sutiaji mengatakan, bahwa UMKM harus terus dikuatkan untuk menjadi salah satu penopang roda perekonomian di Kota Malang.

"Ini kan amanat dari bapak Presiden, agar penguatan ekonomi kerakyatan berbasis ekonomi mikro ini terus dilakukan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com