Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UMKM Binaan Bea Cukai Banjarmasin Sukses Ekspor Kayu Damar ke Pasar Arab Saudi

Kompas.com - 20/02/2023, 20:10 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Salah satu sumber daya Indonesia yang diminati di luar negeri adalah potongan kayu damar.

Potongan kayu dari pohon Damar yang merupakan pohon asli Indonesia ini diminati sejumlah negara, karena kualitasnya yang bagus untuk bahan baku berbagai kepentingan furnitur dan sejenisnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, CV. Abdalta Indonesia sebagai usaha mikro kecil menengah (UMKM) binaan Kantor Bea Cukai Banjarmasin, Kalimantan Selatan berhasil melakukan ekspor perdana produk potongan kayu damar asal Kalimantan Selatan ke Arab Saudi.

Baca juga: Cerita Nurul Khotimah Ekspor Bawang Goreng Hunay 300 Kg ke Singapura

Kepala Kantor Bea Cukai Banjarmasin Edy Susetyo mengungkap, sebanyak 2.000 bag termuat dalam dua kontainer potongan kayu damar telah dikirim ke Arab Saudi melalui jalur laut dari Banjarmasin.

Melihat hal itu, pihaknya mendorong lebih banyak UMKM untuk bisa menggeluti usaha yang potensial di pasar ekspor.

“Upaya meningkatkan akselerasi ekspor untuk UMKM terus dilakukan, dengan memberikan asistensi para pelaku usaha agar bisa menembus pasar global,” kata Edy seperti dikutip dari Antara.

Ia menambahkan, Kementerian Keuangan melalui Kantor Bea Cukai kini juga fokus meningkatkan peran UMKM sebagai salah satu motor penggerak pertumbuhan ekonomi nasional.

"Kami selalu berikan semangat jika ekspor itu mudah, semudah seperti kita menjual di negeri sendiri dengan keuntungan berlipat ganda," ujarnya.

Diketahui selain potongan kayu damar, sebelumnya Kantor Bea Cukai Banjarmasin juga melepas ekspor perdana batu damar ke India yang merupakan produksi PT Global Utama Kalimantan dari Kuala Pembuang I, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah.

Baca juga: Rendang hingga Keripik Balado Dipromosikan di Norwegia, Potensi Ekspor Terbuka

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com