Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

homLiv, Brand Lokal yang Sukses Jadi Pemasok Alat Masak di Indonesia

Kompas.com - 07/03/2023, 11:56 WIB
Zalafina Safara Nasytha,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ketika banyak orang beranggapan Covid-19 sebuah hambatan dalam berbisnis, Yudiana Lyn justru melihat kondisi tersebut sebagai opportunity.

Yudiana merupakan seseorang yang menjadi figur di balik berdirinya homLiv, sebuah brand lokal dari Yogyakarta yang memproduksi alat-alat masak berbahan kayu.

Menurut penjelasan Linda, selaku Operational Manager homLiv, founder homLiv tersebut melihat pandemi sebagai peluang dalam berbisnis.

“Awal mulanya ini memang karena pandemi ya. Orang sibuk beraktivitas di rumah, salah satunya bikin kue, masak gitu ya. Nah saat itu si owner muncul nih ide untuk membuat rolling pin,” tutur Linda kepada Kompas.com pada Jumat (3/3/2023), Jakarta.

Penjualan yang bagus pada produk rolling pin, mendorong sang owner untuk lebih mengembangkan produk yang dihasilkan dengan memproduksi alat-alat masak dapur lainnya.

Baca juga: Tips Sukses Membangun Bisnis Handicraft

Adapun dalam proses produksinya, homLiv memanfaatkan sumber daya yang ada di sekitar.

“Visi misi owner sendiri membentuk perusahaan homLiv ini ya untuk mengembangkan UMKM lokal dan ingin terus menggarap potensi yang ada di lokal,” tambahnya.

Dengan menggunakan kayu jati, mahoni, dan legaran, homLiv mengajak para perajin lokal di Kota Yogyakarta untuk mengolah bahan-bahan mentah ini menjadi berbagai macam produk homLiv.

Brand yang telah berjalan selama 3 tahun dengan slogan #BorongProdukLokal ini telah menjadi suplier dari beberapa supermarket ternama yang ada di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa.

Baca juga: Tips Sukses Berbisnis dari Importir Daging Beromzet Miliaran Rupiah

Hingga saat ini, per bulannya homLiv mampu menjual hingga total 8.000 buah produk.

Dari keberhasilannya itu, homLiv telah mendapatkan berbagai dukungan serta mengikuti pameran. Seperti halnya pada 2022 lalu, produsen ini mengikuti sebuah pameran di Jepang.

“Jadi pada saat itu kita (homLiv) adalah salah satu UMKM yang terpilih dan pernah mengikuti AKI (Apresiasi Kreasi Indonesia) dan kita jadi finalis sehingga akhirnya memang menjadi salah satu peserta pameran yang ada di Jepang,” ucap Linda.

Linda juga menambahkan, homLiv terus berusaha untuk mengembangkan produk dan pasarnya hingga ke mancanegara melalui pendistribusian ke supermarket yang ada di luar Indonesia serta mendapatkan sertifikasi halal untuk produknya.

Baca juga: Kisah Novianti Ekastuti, Resign Kerja Lalu Sukses Usaha Berbasis Ecoprint

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com