Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalankan Bisnis Seorang Diri? Tanyakan 5 Hal Ini pada Diri Sendiri

Kompas.com - 26/04/2023, 17:00 WIB
Zalafina Safara Nasytha,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sebagai seorang pelaku bisinis atau wirausaha, berbagai hal seperti pola pikir, keterampilan, kegiatan sehari-hari bahkan kepribadian dapat memengaruhi bisnis yang dijalankan.

Saat menjalankan bisnis sendiri, tentu ada banyak hal yang harus diperkirakan dan dipersiapkan dengan matang untuk meminimalisir segala kemungkinan buruk yang ada.

Untuk meyakinkan diri sendiri ketika menjalankan sebuah bisnis seorang diri, sebaiknya tanyakan dulu terhadap dirimu 5 pertanyaan berikut ini sehingga kamu dapat mengetahui sebenarnya seberapa jauh dan siap dirimu dalam menjalankan bisnis.

Baca juga: Cara Sukses Memulai Bisnis, Awali dari Hobi hingga Ikuti Tren

1. Seberapa besar komitmen yang dimiliki?

Komitmen merupakan ikatan tak terlihat yang mendorongmu untuk terus melakukan apa yang kamu telah rencanakan dan sedang lakukan.

Tujuan dan komitmen merupakan dua hal yang berbeda. Tujuan adalah sesuatu yang ingin kamu capai, sedangkan komitmen adalah dorongan batin yang akan membawamu menuju tujuan tersebut.

Semakin besar dan semakin kuat komitmen yang kamu miliki maka akan semakin pasti pula kamu dapat bertahan di dalam bisnis yang dijalankan.

Baca juga: Hati-hati, 5 Kebiasaan Buruk Ini Bisa Jadi Penghalang Kesuksesan Bisnis

Komitmen memanglah bukan sesuatu yang dapat diukur secara pasti, tetapi kamu dapat memperhitungkannya melalui analisis dan perencanaan bisnis yang disiapkan dengan matang.

Pastikan juga kamu memperhitungkan segala kendala yang mungkin terjadi dan bagaimana solusi menghadapinya.

2. Sudahkah percaya dengan apa yang akan dilakukan?

Menjalankan bisnis, terlebih lagi memulainya hanya dengan mengandalkan seorang diri dapat menjadi tantangan yang cukup besar.

Pastikan kamu sudah yakin dengan apa yang akan kamu hadapi dan apa yang harus kamu lakukan terhadap hal-hal tersebut, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi yang akan dilakukan nantinya.

Baca juga: Hindari 4 Kesalahan Ini dalam Membangun Merek Bisnis

3. Sudahkah percaya dengan diri sendiri?

Semua yang kamu lakukan nantinya bergantung pada dirimu sendiri. Maka dari itu, penting untuk memastikan bahwa kamu siap dan kamu percaya dengan kemampuan diri sendiri.

Kamu harus percaya pada kemampuan diri sendiri untuk menciptakan, menjalankan, dan mengembangkan bisnis.

Kepercayaan diri yang dimiliki dapat mendorongmu untuk bersikap berani dengan mengambil risiko melalui tindakan yang dilakukan, belajar dari kegagalan, dan memanfaatkan kemampuan yang dimiliki untuk mencapai tujuan.

Tentunya kepercayaan diri ini perlu diimbangi dengan perhitungan yang matang dan tidak asal-asalan.

Baca juga: Tips Sukses Berbisnis Seorang Diri, Siap Terima Resiko dan Selalu Perbaiki Kualitas

4. Apakah kemunduran yang dialami dipandang sebagai kegagalan atau kesempatan?

Pikirkan ketika nantinya kamu mengalami suatu kemunduran saat menjalankan bisnis. Bagaimana kamu akan menganggap hal tersebut? Apakah sebagai suatu kegagalan yang mendalam atau sebagai kesempatan yang bagus untuk belajar?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com