Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Maksimalkan Penjualan di E-Commerce? Simak Tips dari Lazada Berikut

Kompas.com - 13/07/2023, 17:05 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Di era digital saat ini, pelaku usaha perlu memanfaatkan teknologi untuk memperluas pasar dan meningkatkan penjualan. Salah satu yang perlu dicoba adalah memanfaatkan e-commerce.

Saat ini e-commerce telah menjadi saluran jual beli utama bagi masyarakat. Sehingga tak heran platform digital ini bisa menjadi faktor penentu kesuksesan pelaku UMKM. Dan, salah satu e-commerce yang ada di Indonesia adalah Lazada. 

Untuk itu, beriktu adalah tips dari trainer Lazada University yang bisa dicoba oleh UMKM untuk memaksimalkan cuan melalui e-commerce:

1. Menampilkan produk semenarik mungkin

Foto produk merupakan hal pertama yang dilihat oleh calon pembeli, namun sering kali diremehkan oleh penjual. Usahakan tampilan etalase produk Anda eye-catching dengan menyajikan foto dan deskripsi produk yang jelas dan rinci.

Selain itu, pastikan deskripsi dan foto produk tidak hanya menarik secara visual, tetapi juga mampu menggambarkan fungsi, keunggulan, dan kualitas produk tersebut dengan jelas.

Baca juga: Ingin Untung Berlipat Saat Ikut Event Bazar? Simak Tips dan Triknya

2. Perluas wawasan untuk tingkatkan trafik penjualan di eCommerce

Gunakan judul yang sesuai, menarik, serta mengandung kata kunci (keyword) yang sering dipakai calon pembeli ketika mencari produk terkait. Lengkapi judul dengan merek dan/ nama toko, kata kunci kategori, tipe/ seri/ variasi, serta atribut utama dan detail produk lainnya pada kolom deskripsi produk.

Tampilkan foto produk semenarik mungkin, salah satunya dengan menambahkan keunggulan di foto produk, serta gunakan ‘harga coret’ dalam etalase produk yang menunjukkan produk di toko Anda sedang promo.

Selain itu, Anda dapat meningkatkan trafik toko Anda dengan rutin mengunggah ‘feed’ di e-Commerce.

3. Tingkatkan ulasan positif dengan memberikan pengalaman belanja terbaik kepada pembeli

Ulasan positif atas toko dan produk Anda bisa meningkatkan kepercayaan calon pembeli untuk pada akhirnya berbelanja di toko Anda. Kualitas produk yang baik, harga yang kompetitif serta layanan terbaik akan mendorong pembeli untuk memberikan ulasan dan penilaian positif terhadap produk dan toko Anda.

Kirimkan pengingat kepada pembeli melalui chat untuk memberikan ulasan. Pemberian voucher diskon, gratis ongkir, serta paket best deals untuk pembelian berikutnya juga dapat menjadi salah satu cara mendorong pelanggan untuk memberikan ulasan tentang produk dan layanan toko Anda.

4. Manfaatkan fitur livestreaming

Fitur livestreaming di sejumlah platform e-commerce, termasuk di Lazada dapat dimanfaatkan penjual untuk mempromosikan produk secara lebih interaktif. Tak hanya membantu memperkuat hubungan antar penjual dan calon pembeli, fitur livestreaming bisa membantu penjualan lebih laris.

Baca juga: Tiktok Indonesia Tanggapi KemenKopUKM Soal Ancaman Project S Tiktok Shop

6. Jangan berhenti untuk terus belajar dan berusaha

Berbisnis online jelas bukan hal yang mudah, apalagi untuk wirausaha muda. Diperlukan proses belajar yang terus menerus, baik untuk meningkatkan pemahaman teknis terkait dengan penggunaan fitur-fitur di platform e-Commerce maupun untuk mengembangkan keterampilan terkait kewirausahaan digital lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com