Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Ide Bisnis Eco-Friendly yang Berpotensi Menghasilkan Cuan

Kompas.com - 25/02/2024, 16:46 WIB
Alfiana Rosyidah,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Krisis lingkungan semakin menjadi perhatian banyak orang. Salah satu krisis lingkungan yang harus segera diatasi adalah masalah limbah plastik.

Selain itu, masalah pencemaran lingkungan dari berbagai zat kimia hasil pembuatan berbagai produk juga sangat meresahkan.

Masyarakat yang telah teredukasi dan peduli lingkungan, mulai beralih menggunakan barang-barang yang dapat digunakan kembali (reusable).

Mereka berusaha mengurangi produk sekali pakai, mengurangi sampah makanan, mengurangi penggunaan plastik, dan sebagainya.

Melihat kondisi tersebut, peluang bisnis produk ramah lingkungan masih terbuka lebar. Untuk Anda yang berniat membuka usaha produk tersebut, dapat mencoba beberapa ide bisnis berikut ini yang dilansir dari businessnewsdaily.com.

Baca juga: 3 Tips Terapkan Bisnis Ramah Lingkungan Sekaligus Menghemat Pengeluaran

1. Produk Organik Buatan Tangan

Anda dapat mencoba membuka bisnis eco-friendly dengan membuat produk handmade yang terbuat dari bahan-bahan organik. Contohnya membuat sabun cuci piring, deodoran, shampoo, dan alat makan.

Untuk produk pembersih, biasanya menggunakan bahan yang tidak mengandung sodium lauryl sulfate (SLS) dan tidak terlalu berbusa.

Sementara untuk membuat produk alat makan ramah lingkungan, Anda dapat menggunakan bahan dari bambu atau kayu.

2. Menjual Produk Bekas Pakai

Ide bisnis eco-friendly selanjutnya yaitu menjual produk bekas pakai. Biasanya orang-orang menyebut bisnis ini dengan istilah thrifting.

Produk yang bisa dijadikan bisnis thrifting adalah pakaian yang sudah tidak lagi digunakan, tapi masih berkualitas baik.

Sebelum memasarkan pakaian bekas pakai, pastikan pakaian sudah dicuci bersih. Hal ini akan menjadi poin penting yang diperhatikan konsumen sebelum membeli produk Anda.

Baca juga: Peluang Bisnis Ramah Lingkungan yang Menjanjikan, Ini Alasannya

3. Botol Minum atau Tumbler

Penggunaan tumbler ketika bepergian sering menjadi pilihan, agar tidak perlu membeli air minum kemasan ketika di luar rumah.

Bahkan, saat ini membawa tumbler juga telah menjadi gaya hidup.

Anda bisaa membuat tumbler dengan berbagai bentuk dan model yang bermacam-macam, sesuai target pasar dan keinginan Anda.

Untuk membuatnya, Anda dapat menggunakan bahan dasar seperti kaca, logam, dan plastik yang aman.

Baca juga: Manfaatkan Bahan-bahan di Sekitar, Amanda Jalankan Bisnis Fesyen Ramah Lingkungan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com