Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Berbisnis di Sekitar Halte dan Stasiun? Ini Jenis Usaha yang Cocok untuk Dicoba

Kompas.com - 27/02/2024, 16:30 WIB
Ester Claudia Pricilia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Halte atau stasiun transportasi umum sering kali menjadi pusat aktivitas yang ramai dan menjadi titik pertemuan bagi berbagai lapisan masyarakat yang tengah bepergian dengan beberapa urusan.

Hal ini pula yang menjadikan halte serta stasiun menjadi lokasi yang strategis untuk membuka usaha.

Baca juga: Bukan Hanya Ramai, Ini 5 Tips Memilih Lokasi Usaha Strategis

Dengan jumlah pengguna transportasi publik yang terus meningkat, peluang bisnis di sekitar halte atau stasiun transportasi umum juga semakin menjanjikan. Lalu usaha atau bisnis apa yang cocok di lokasi tersebut?

Berikut adalah beberapa jenis usaha yang cocok untuk dijalankan di halte atau stasiun transportasi umum:

1. Toko Kelontong atau mini market

Dilansir dari quora, toko kelontong atau mini market merupakan usaha yang cocok untuk lokasi di halte atau stasiun, dikarenakan beragamnya kebutuhan pasar di sana. Jadi, menyediakan berbagai produk-produk kebutuhan sehari-hari dapat memenuhi kebutuhan para pengguna transportasi yang mencari kenyamanan.

Pastikan mini market Anda juga melayani beberapa permintaan pembayaran seperti top up pulsa, kuota internet, Listrik, hingga e-money. Hal tersebut akan memperbesar peluang usaha Anda untuk didatangi customer.

2. Kafe Kopi

Kafe kopi juga merupakan usaha yang berpeluang besar di halte atau stasiun. Kafe kopi akan menarik banyak pelanggan untuk membelinya.

Berangkat pagi memungkinkan orang masih merasa ngantuk. Mereka mungkin juga tak sempat untuk membuatnya di rumah. Maka, kopi merupakan hal yang penting untuk mereka.

Kafe kopi juga akan menarik pelanggan yang ingin mencari tempat istirahat atau bersantai sebelum atau setelah perjalanan.

3. Snack atau makanan ringan

Snack atau makanan ringan cocok bagi mereka yang ingin mengganjel perut. Mereka akan mendatangi toko Anda dan membelinya.

Anda dapat menjual snack atau makanan ringan yang manis hingga asin. Pembeli juga akan memanfaatkan tempat Anda untuk beristirahat sejenak atau menunggu bus atau kereta yang belum datang.

4. Makanan Berat

Pada jam-jam makan, orang akan merasa lapar. Bisa pada saat makan pagi, siang ataupun malam.

Hal tersebut akan bagus bagi Anda untuk menyediakan makanan berat seperti nasi. Pembeli akan mencari sesuatu yang mengenyangkan di samping hanya dengan snack.

5. Toko Aksesoris

Usaha lain yang bisa dicoba adalah toko aksesoris. Anda dapat berjualan berbagai macam aksesoris mulai dari masker, tisu, jas hujan, payung, dan aksesori lainnya yang sekiranya dibutuhkan penumpang.

Ini merupakan peluang besar bagi Anda, karena jika mereka lupa membawa atau memang tidak mempunyainya mereka akan membeli di toko Anda. Pastikan Anda menyediakan barang-barang urgent yang sekiranya mereka butuhkan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com