Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Relasi Sesama Pelaku UMKM, Ini Manfaatnya...

Kompas.com - 18/03/2024, 09:00 WIB
Alfiana Rosyidah,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Upaya yang harus dilakukan dalam mengembangkan usaha yaitu menjalin relasi dengan pelaku usaha lainnya. Ada berbagai manfaat menjalin relasi dengan pelaku usaha lainnya seperti yang dikatakan oleh Risma (42), pemilik Butter & Salt Kitchen. 

Dalam wawancara bersama Kompas.com pada Jumat (15/3/2024), Risma membagikan cerita betapa pentingnya seorang pelaku usaha katering membangun relasi dengan pengusaha lainnya. Menurutnya, relasi dengan pelaku usaha lain dapat jadi tempat bertukar informasi. 

Risma menceritakan pengalamannya yang bisa mendapatkan sertifikasi halal karena informasi dari pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lain. 

Baca juga: 4 Tips Bisnis Katering Ramadan ala Owner Butter & Salt Kitchen

"Relasi dengan pelaku UMKM lain itu penting banget, ya. Soalnya kita bisa dapat berbagai informasi, misalnya soal sertifikasi halal. Kebetulan aku dapat info itu dan bisa langsung ngurus juga," ucap Risma. 

Risma lalu menyebutkan bahwa ia juga membagikan informasi sertifikasi halal tersebut dengan sesama pelaku UMKM. 

Kemudian, keuntungan membangun relasi tersebut juga muncul ketika ada pihak yang membutuhkan katering untuk event tertentu. 

Baca juga: 3 Tips Berbisnis dalam UMKM Ala Pemilik Dodol Boga Rasa

"Kita bisa bikin menu yang enggak bisa dicover dari sana. Jadi saling melengkapi gitu," kata pebisnis katering berumur 42 tahun tersebut.

Selain itu, Risma juga menyebut bahwa relasi dengan pelaku UMKM lain adalah bentuk dukungan sesama pengusaha. 

"Menurutku, membangun relasi dengan pelaku UMKM lain itu bukan bersaing ya, tetapi upaya kita maju bersama-sama. Saling support supaya bisa maju juga UMKM-nya," jelasnya. 

Baca juga: Tips Cara Memulai Bisnis Roti Rumahan

Dukungan sesama pelaku UMKM tergambar dalam pengalaman Risma yang melihat salah satu pengusaha repost dagangan pebisnis lain di Instagram Story. 

"Selain repost, biasanya juga ada yang bikin review dagangan kita, lalu dibagikan di media sosial. Jadi iklanin di Instagram masing-masing. Itu lumayan, ya," lanjutnya. 

Peran sesama pelaku UMKM tersebut dapat digunakan untuk mempromosikan produk masing-masing. Risma juga menyebut cara ini lebih mudah dibandingkan dengan sistem endorsement yang harus mengeluarkan uang terlebih dahulu. 

Baca juga: 5 Tips Sukses Usaha Kuliner ala Dedy Syandera Owner Rendang Gadih

"Kalau lewat endorsement, biasanya takut reviewnya enggak jujur. Terus apalagi di bisnis katering, tidak bisa pilih endorsement yang jauh karena mempertimbangkan kesegaran makanan kita," ujar Risma. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com