Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berniat Gunakan Software untuk Memantau Karyawan? Simak 3 Kelemahannya

Kompas.com - 19/04/2024, 10:17 WIB
Alfiana Rosyidah,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam dunia bisnis, tidak sedikit owner yang ingin memastikan kinerja karyawan berjalan dengan baik. Mereka pun mencoba menemukan suatu cara untuk bisa mengawasi kinerja karyawannya dengan lebih ringkas.

Saat ini sudah banyak aplikasi atau software yang bisa digunakan untuk memantau karyawan. Pemilik bisnis pun menjadi tahu progres pekerjaan karyawan di tempat kerja, jam masuk karyawan, dan sebagainya. 

Meski demikian, sistem seperti ini juga memiliki kontra atau kelemahan. Untuk mengetahui lebih lanjut, kamu bisa menyimaknya dalam artikel berikut ini yang telah dirangkum Kompas.com dari business.com 

Baca juga: Sikap Calon Karyawan Lebih Penting untuk Kinerja Bisnis, Mengapa?

1. Membuat Karyawan Merasa Tidak Dipercaya

Ketika pemilik bisnis memantau kinerja karyawan menggunakan software, di sisi lain membuat para karyawan merasa mereka tidak bisa dipercaya. Mereka ingin para pemilik bisnis percaya akan kemampuan mereka tanpa harus menggunakan alat bantu software. 

Jika demikian, pemantauan karyawan justru menjadi bumerang bagi pemilik bisnis. Karyawan mungkin akan merasa tidak betah diperlakukan dengan cara tersebut dan memilih mengundurkan diri.

2. Harus Bekerja Lebih Keras dari Biasanya

Penggunaan aplikasi atau software memang membantu untuk memantau karyawan, tetapi energi yang dibutuhkan untuk memantau menjadi lebih banyak dari biasanya. Kamu harus menyempatkan waktu untuk membuat aplikasi dan memantau mereka. 

Baca juga: Karyawan Anda Demotivasi dan Tak Bersemangat? Lakukan 6 Cara ini

Selain itu, penggunaan alat bantu software juga membutuhkan suatu kemampuan yang tidak bisa mahir begitu saja. Pasti ada trial and error ketika menerapkannya. Kamu juga harus masih belajar lebih banyak disamping mengurus bisnismu.

3. Data-data Penting Bisnis Berpeluang Terekspos

Saat menggunakan software pasti ada data-data bisnis yang harus ditambahkan agar software berjalan dengan baik. Maka, kamu perlu hati-hati dalam memilih software yang tepat. 

Alasannya terletak pada keamanan software. Jika kamu menggunakan software yang kurang perlindungan datanya dan mudah bocor, nantinya data-data pentingmu akan mudah terekspos. Jadi, pastikan kamu menggunakan software yang terjamin keamanannya.

Baca juga: 3 Keuntungan Menggunakan Software untuk Memantau Kinerja Karyawan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com