Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Takut Gagal Berbisnis? Gunakan Cara Ini Untuk Kurangi Rasa Takutmu

Kompas.com - 20/05/2024, 13:00 WIB
Alfiana Rosyidah,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebelum terjun ke dunia bisnis, ada suatu perasaan yang mengganjal pada beberapa orang, yaitu rasa takut gagal. Biasanya orang-orang merasa takut jika diri mereka gagal dan mempermalukan diri sendiri.

Hal ini wajar dialami oleh pemula, tetapi jangan sampai menghambat semangat untuk memulai bisnis. Kamu perlu untuk menghadapi rasa takut gagal tersebut. Bahkan, sebenarnya kamu juga bisa menguranginya.

Jika kamu masih bingung cara mengurangi rasa takut dalam memulai bisnis, kamu bisa menyimak artikel berikut ini. Kompas.com telah merangkum artikel ini dari situs thebalancemoney.com.

Baca juga: Bisnis Gagal? Jangan Tutup! Ini Cara Mengatasinya

Persiapan yang Matang

Rasa takut gagal yang muncul biasanya karena merasa belum ada persiapan yang cukup. Jadi, kamu tahu bahwa dirimu belum maksimal dalam mempersiapkan diri. Solusinya, kamu harus memastikan adanya persiapan bisnis yang matang.

Persiapan bisnis meliputi penyusunan rencana bisnis, keuangan, serta rincian modal yang kamu butuhkan. Selain itu, kamu bisa memastikan bahwa produkmu mampu bersaing dalam pasar.

Dengan membuat rencana bisnis, kamu akan memiliki panduan dalam menjalankan bisnis agar seIalu stay on the track. Bahkan kamu juga bisa menulis kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi dalam bisnismu serta cara mengatasinya.

Baca juga: Wasapadai 4 Hal yang Bisa Menyebabkan Usaha Kecil Gagal

Jangan Pikirkan Komentar Orang Lain 

Nah, terkadang orang takut gagal karena perkiraan komentar orang lain yang akan menimpa dirinya. Misalnya, kamu takut gagal karena takut dianggap pecundang, bodoh, dan sebagainya. Bisa juga karena kamu takut kehilangan seluruh uangmu saat gagal berbisnis.

Solusinya, kamu harus berani mencoba dan abai dengan komentar negatif orang lain. Mungkin bagi beberapa orang, gagal dalam berbisnis adalah hal yang negatif. Padahal sebenarnya tidak. Kecuali kamu merasa terpuruk tanpa bangkit kembali.

Lagipula, kamu memang tidak bisa mengontrol apa yang dipikirkan orang lain. Jadi, sebaiknya kamu folks pada diri dan bisnismu. Upayakan yang terbaik dan lakukan apa yang kamu bisa.

Baca juga: Strategi Pemasaran Gagal? Begini Cara Memperbaikinya

Gagal Bukan Akhir dari Hidup

Kegagalan dalam bisnis memang membuatmu merasa terpukul dan sedih, tetapi gagal bukan akhir dari hidupmu. Kamu harus menghadapi kegagalan itu dan banyak mengambil pelajaran dari pengalaman. Gagal juga memberikan kamu kesempatan untuk mengevaluasi diri.

Kamu perlu untuk melihat sisi positif dari kegagalan. Cara ini akan membantumu merasa lebih baik. Memulai bisnis dan mengembangkannya adalah pengalaman yang tidak bisa kamu lewatkan. Jadi, mari manfaatkan kesempatan yang ada untuk memulai bisnismu kembali.

Jangan sampai kegagalan menghambatmu untuk gunakan kesempatan itu. Saat kembali merintis, selalu ingat untuk selalu menyiapkan rencana bisnis dengan baik dan fokus dengan upaya terbaikmu.

Baca juga: Kurangi Risiko Gagal Merintis Bisnis, Simak Tips Melakukan Beachhead Market

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com